Terminal Limboto Resmi Diserahkan Pengelolaannya Ke Pemerintah Provinsi Gorontalo

oleh -129 Dilihat
Terminal Limboto Resmi Diserahkan Pengelolaannya Ke Pemerintah Provinsi Gorontalo
Terminal Limboto Resmi Diserahkan Pengelolaannya Ke Pemerintah Provinsi Gorontalo
Terminal Limboto Resmi Diserahkan Pengelolaannya Ke Pemerintah Provinsi Gorontalo

LIMBOTO, mediasulutgo.com— Pemerintah Kabupaten Gorontalo resmi menyerahkan aset berupa personel, sarana dan prasarana, serta dokumen Terminal Limboto kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, Senin (15/8/2022).
Penyerahan asset tersebut ditandai dengan penadatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, bersama Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di ruang madani lantai II Kantor Bupati Gorontalo.

“Keberadaan Terminal Limboto sangat strategis. Kami akan membangun dan menata kembali terminal ini sehingga dapat menciptakan sistem transportasi yang selamat, lancar, dan tertib, untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi,” kata Penjagub Hamka Hendra Noer saat beri sambutan

Hamka juga menjelaskan, pembangunan Terminal Limboto akan diintegrasikan dengan pasar modern yang sementara dibangun oleh Pemkab Gorontalo. Diupayakan terminal ini akan menjadi tipe B dengan sarana prasarana yang lengkap dan modern.

“Kita akan buat terminal ini tipe B sehingga para penumpang tidak merasa berada di terminal, tetapi serasa ada di mall,” jelasnya.

Aset yang diserahkan Pemkab ke Pemprov Gorontalo terdiri dari tanah seluas 11.560 meter beserta tujuh bangunan dan gedung. Terminal Limboto merupakan terminal transit bagi seluruh Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo. Termasuk melayani angkutan dalam wilayah Kabupaten Gorontalo.

“Ke depan kami berharap hadirnya terminal yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan ini dapat mengubah pola belanja masyarakat. Jika selama ini berbelanja harus ke Kota Gorontalo, bisa beralih ke Kabupaten Gorontalo,” Ungkapnya

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, dalam membangun kita punya sumber anggaran APBN, APBD Provinsi APBD Kabupaten bahkan dana desa. Kita ingin mendorong kolaborasi seperti ini salah satu cara dengan menyerahkan asset-aset yang boleh dibangun di daerah Kabupaten Gorontalo.
“apalagi kami paham benar pemerintah Provinsi Gorontalo punya jaringan dan dana untuk sesuatu membangun daerah,”Kata Nelson

Lebih lanjut Nelson menjelaskan, beberapa asset yang sudah diserahkan demikian juga sebaliknya. Pertama, terminal isimu kami sudah serahkan ke dirjen perhubungan kementerian perhubungan RI yang direncanakan menjadi terminal Tipe A.

dan kedua beberapa aset DI Kabupaten Gorontalo lainnya termasuk hari ini sebagai bagian membangun daerah karena di tempat terminal itu juga sementara di bangun pasar modern.
“ini pentingnya kerjasama dan kolaborasi sebagai wujud membangun daerah. adanya pembangunan terminal B sangat penting bagi kami Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo untuk pelayanan kepada masyarakat sebab antara terminal dengan pasar moderen memiliki tempat yang begitu strategis,” Tandas Nelson