Scroll keatas untuk lihat konten
KAB GORONTALOGORONTALOHEADLINES

Desa di Kabupaten Gorontalo Ini Masuk 5 Besar Terbaik Nasional

48
×

Desa di Kabupaten Gorontalo Ini Masuk 5 Besar Terbaik Nasional

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Gorontalo
Sekda Roni Sampir saat memberikan sambutan pada penilaian desa terbaik nasional. (Foto:if)

LIMBOTO, mediasulutgo.com – Desa di Kabupaten Gorontalo ini masuk lima besar terbaik nasional. Desa Pilohayanga yang terletak di Kecamatan Telaga ini akhirnya dinilai layak menjadi salah satu dari lima desa lainnya yang dinyatakan lolos ketahap selanjutnya.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Nasional Dr. Wawan Munawar Kholid, M.Si saat melakukan verifikasi administrasi dan lapangan di Desa Pilohayanga mengatakan, masing – masing desa yang masuk nominasi memiliki keunggulan, baik dari sisi pengelolaan pelayanan masyarakat serta ciri khas desa itu sendiri.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Desa Pilohayanga sebuah desa begitu luar biasa maka karena masuk nominasi lima besar lomba desa tingkat Nasional, dapat mengalakan ribuan desa di wilayah tiga,” ungkap Dr. Wawan.

Kabupaten Gorontalo
Foto bersama Tim verifikasi Desa Terbaik Nasional bersama Sekda Kab. Gorontalo (foto:If)

“Terima kasih atas sambutan sangat luar biasa kepada kami, mudah – mudahan membawa kebaikan dan keberkehan bagi semua,” tambahnya.

Penilaian lomba desa akan berlangsung selama tiga hari. Tim Penilai akan mewawancarai perangkat desa dan masyarakat desa Pilohayanga untuk klarifikasi.

Klarifikasi tersebut merupakan tahap ke tiga, dimana telah menyisahkan lima Desa untu seluruh Provinsi diwilayah 3 yakni Kalimantan, Sulawesi dan Gorontalo, Desa Pilohayanga masuk salah satu Desa pada lima nominasi tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir mengatakan, ada kesempatan bagi Desa Pilohayanga untuk masuk pada tiga besar dan menjadi wakil dari Region Sulawesi dan Kalimantan di tingkat Nasional.

Ia menjelaskan, penilaian lomba desa harus menjadi bahan introspeksi dan retrospeksi bagi Pemerintah Desa itu.

“Sehingga dengan lomba ini diketahui kekurangan kita, dapat dijadikan dasar dalam perbaikan kedepan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus melancarkan program pembangunan sampai ke tingakat desa, Baik di segi infakstruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

“Bahkan kami telah mengusulkan (anggaran untuk desa, red) di tahun depan di tingkatkan menjadi 70 miliar.”ujar Roni

Hal tersebut, tambah Sekda Roni, karena Pemerintah Daerah melihat Pemerintah Desa sebagai garda terdepan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga harus digenjot pembangunannya maka yang menikmatinya juga adalah masyarakat”, katanya.

“Olehnya mari doakan semoga Desa Pilohayanga mendapat predikat terbaik di tingakt nasional. Sehingga menjadi contoh dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Gorontalo,” pungkasnya.(*)

 

#Desa di Kabupaten Gorontalo Ini Masuk 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *