Scroll keatas untuk lihat konten
HEADLINESBOLMONG RAYABOLMUTPENDIDIKANSULUT

Menjadi Yang Pertama di Bolmut, SMPN 2 Bolangitang Timur Gelar UAS Berbasis Android

×

Menjadi Yang Pertama di Bolmut, SMPN 2 Bolangitang Timur Gelar UAS Berbasis Android

Sebarkan artikel ini

BOLMUT, Mediasulutgo.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menerapkan terobosan baru dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Jika biasanya ujian menggunakan komputer atau kertas, maka kali ini memakai smartphone berbasis android (handphone).

Pelaksanaan ujiannya memanfaatkan smartphone ini baru pertama kali dilaksanakan,” kata Kepala SMPN 1 Bolangitang Timur Bambang Pontoh, saat dihubungi awak media ini, Senin (11/4/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Secara teknis, kata Bambang Pontoh, ujian berbasis android ini tak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja.

Untuk teknis pengerjaan soal, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar.
Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan. Hasil ujiannya pun bisa langsung dilihat oleh peserta ujian.

“Menurut saya ini sangat bagus karena selain mengikuti perkembangan zaman, kita juga bisa banyak menghemat anggaran, terutama untuk porsi kertas dan pensil, dan juga dalam penilaian sudah otomatis sehingga lebih memudahkan kinerja para Guru”, ujar Bambang.

Ditanya soal dana yang digunakan, Kepsek Bambang Pontoh menjelaskan bahwa dirinya patut berbangga karena mendapatkan bantuan dana BOS Kinerja Pusat yang seyogyanya tidak semua sekolah mendapatkan bantuan itu. Sehingga, dengan adanya bantuan tersebut, Bambang mencoba mengimplementasikan hal baru yang dirasa cukup bermanfaat, dan itu mendapatkan apresiasi dari Para Siswa dan Orang Tua Siswa.

“Jadi dari Bantuan Dana Bos Kinerja Pusat itu, kita belanjakan Android kurang lebih 60-an unit” guna mendukung gagasan “UAS Berbasis Android”, pungkasnya.

Bambang berharap, “Selaku kepala sekolah, kedepannya bukan hanya pelaksanaan ujian saja kita menggunakan Smart Phone, tapi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas Guru-Guru harus mampu bertransformasi lewat fasilitas digital yang sudah di berikan pemerintah sehingga, apa yang menjadi tuntutan jaman di era 4.1 ini akan terwujud”, tuturnya.

Senada, Wakil kepala sekolah, Sri Wahyuni Tuloli, S.Pd sebagai ketua panitia, menambahkan bahwa, pelaksanaan ujian Akhir Sekolah Berbasis Android tidak akan menemui kendala, pasalnya sebelum melaksanakan ujian ini siswa sula melalui tahapan uji coba dan alhamdulillah aman dan terkendali.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolmut, Tetriko Talibo S.Pd, menambahkan, saya sangat mengapresiasi atas gebrakan baru ini, dan saya sangat berharap agar, sekolah-Sekolah yang mendapatkan bantuan pemerintah lewat dana bos kinerja agar dapat memanfaatkannya secara efisien untuk proses belajar mengajar di sekolah. (Dolvin Rivai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *