Tinjau Sungai Posso dan Titidu, Bupati Thariq: Perlu Dilakukan Normalisasi

oleh -85 Dilihat

GORUT, mediasulutgo.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengatakan, perlu adanya normalisasi terhadap dua sungai, baik yang ada di Desa Posso dan Titidu.

Hal ini dimaksudnya untuk mencegah, akan semakin banyak jaringan pipa transmisi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Gerbang Emas yang melintasi aliran sungai itu terputus.

“Secara umum setelah kami melihat di beberapa area sungai, ternyata memang aliran sungai mulai dari Posso hingga Titidu butuh dinormalisasi,” ungkap Bupati Thariq Modanggu, usai meninjau lokasi tersebut, Senin (20/06/2022).

Dari hasil peninjauan diapangan itu kata Thariq, ada beberapa titik sungai yang mengalami erosi (longsor) yang notabene jaringan pipa transmigrasi berada diatasnya.

“Karena kondisi itu sewaktu-waktu bisa saja mengancam pipa yang melintas ikut terputus. Nah, sehingga tak sedikit pipa yang mengalami kebocoran ataupun terputus di aliran sungai tersebut,” ujarnya.

Dirinya meminta pihak kepada Dinas terkait dalam hal memaksimalkan data – data yang menjadi konsep dasar kepada
Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II.

“Karena ini tidak bisa kita hanya tanggulangi sendiri, tapi juga dengan Balai Sungai. Seperti diketahui, pipa transmisi yang sedang terputus untuk mengaliri air bersih ke wilayah Desa Titidu, Cisadane, Moluo, Katialada dan Jembatan Merah,” tandasnya.(TR-05)