Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Sukses Dengan Program Transformasi Digital Terintegrasi, Nelson Diganjar Penghargaan

115
×

Sukses Dengan Program Transformasi Digital Terintegrasi, Nelson Diganjar Penghargaan

Sebarkan artikel ini
Sukses Dengan Program Transformasi Digital Terintegrasi, Nelson Diganjar Penghargaan

Limboto Mediasulutgo.com- Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo tak henti-hentinya meraih dan mengukir prestasi. Hal ini dibuktikan pada tahun 2019 berhasil menyabet penghargaan sebagai kepala daerah Inovatif karena dinilai mampu menaikan investasi secara signifikan di Kabupaten Gorontalo. Penghargaan yang diterima sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019 tersebut diperoleh Nelson Pomalingo dari koran Sindo dan Sindonews. pelaksanaan KDI 2019 merupakan yang ke enam dan melibatkan 27 kepala daerah yang telah dinilai berhasil menjalankan inovasi di daerahnya. Yaitu 17 Bupati, enam Wali kota dan empat Gubernur. Begitupun pada tahun 2023, penghargaan kembali diganjar kepada Nelson pada Apresiasi Tokoh Indonesia kategori Pengembangan Ekonomi Kerakayatan dari Grup Tempo Media.

Tak sampai disitu terkait program unggulan reformasi birokrasi dalam ajang Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) B Universe 2023”juga tak luput dari capaian yang diraih Nelson dalam kategori Transformasi Digital Terintegrasi.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bupati Nelson mengatakan, bicara rerofmasi birokrasi merupakan inisiatif strategi dan program yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas organisasi pemerintahan demi kualitas layanan pada masyarakat. Termasuk dalam kategori ini, program-program untuk penataan struktur organisasi yang lebih ramping, penentuan sistem.

manajemen dan standar operating prosedure (SOP) dalam tupoksi pemerintahan, pengembangan sumber daya manusia yang kompeten, peningkatan efektivitas monitoring kinerja, serta transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan daerah.

pendayagunaan teknologi digital kata Nelson,Merupakan inisiatif strategi dan program untuk mendorong adopsi dan pendayagunaan teknologi digital dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi pemerintahan daerah. Termasuk dalam kategori ini penggunaan database, analisis big data, pemanfaatan kecerdasan buatan, virtual reality (VR), augmented reality (AR), chatbot, dan teknologi digital lainnya.

Di Kabupaten Gorontalo kita mengenal Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi Identitas Masyarakat atau disebut Si Prima merupakan integrasi dari beberapa Inovasi Pelayanan Publik di bidang Administrasi Kependudukan secara terpadu guna meningkatkan kwalitas pelayanan publik dan mencapai target cakupan kepemilikan dokumen Adminduk secara Nasional.

“Si Prima (Sistem Informasi Pelayanan Terintergrasi Identitas Masyarakat) merupakan sistem yang terintegrasi dalam proses penerbitan dokumen kependudukan membawa banyak kebaruan dan nilai tambah. Dalam sistem ini, data kependudukan dapat diintegrasikan dan terpusat pada satu platform sehingga memudahkan dalam pengolahan data dan mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk (KTP), akta kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA),”terang Nelson

Bupati dua periode itu mengatakan, Selain itu, sistem informasi ini juga dapat meningkatkan akurasi data dan meminimalkan kesalahan pencetakan dokumen kependudukan karena data yang diinput ke dalam sistem akan langsung terverifikasi dan diverifikasi oleh sistem. Sistem ini juga memungkinkan penggunaan teknologi biometrik seperti sidik jari dan wajah untuk memperkuat keamanan dalam proses penerbitan dokumen kependudukan.

“Sistem informasi terintegrasi ini juga memudahkan masyarakat dalam melakukan proses penerbitan dokumen kependudukan secara online maupun offline, dimana dokumen Adminduk dikirimkan secara Digital dalam bentuk PDF serta Dokumen fisik diantarkan kepada masyarakat di Desanya. Sistem ini dapat mempercepat proses verifikasi data dan pencetakan dokumen sehingga masyarakat tidak menunggu lama,”tandas Nelson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *