Sidak di SMP 1 Kwandang, Bupati: Tenaga Guru Honorer di Gorut Masih Minim

oleh -135 Dilihat

GORUT, mediasulutgo.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) N 1 Kwandang, Senin (11/07/2022).

Saat diwawancarai Bupati Thariq Modanggu mengatakan, bahwa minimnya tenaga Guru Honorer di Gorontalo Utara, sehingga menjadi perhatian pemerintah kedepan.

“Jadi daerah masih sangat membutuhkan tenaga guru honorer. Tadi pagi saya sidak di SMP 1 kwandang, di situ saya mengecek persiapan penerimaan siswa baru, pengecekan ketersediaan ruangan, dan juga ketersediaan guru,” ungkap Thariq Modanggu.

Minimnya tenaga guru honorer tersebut, dirinya meminta kepada dinas terkait untuk menyikapi, dengan cara membuat analisis data serta kajian terhadap rencana pemberlakuan penghapusan tenaga guru honorer.

“Tadi saya temukan, ada beberapa kebutuhan guru lokal yang tidak terpenuhi, karena berdasarkan data yang ada, guru yang lolos P3K itu hanya dua orang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menimalisir penghapusan tenaga guru honorer di daerah, diminta kepada Dinas Pendidikan
dalam menyajikan data terkait dengan ketersediaan guru, dengan model pengangkatan P3K yang terbatas.

“Nah, bagaimana tidak, sementara ada kebijakan dari pemerintah yang akan menghapus tenaga honorer pada tahun depan. Apa yang akan terjadi, ketika tidak ada lagi pengangkatan tenaga PTT dan GTT? analisis kajian itu yang saya minta untuk dibuat oleh pihak Dinas Pendidikan, agar hasil kajian itu yang akan kita bawa ke pemerintah pusat,” tandasnya.(TR-05)