Permohonan Penambahan DAU dan DAK 2023, Nelson Temui Deputi IV KSP

oleh -189 Dilihat
Permohonan Penambahan DAU dan DAK 2023, Nelson Temui Deputi IV KSP
Permohonan Penambahan DAU dan DAK 2023, Nelson Temui Deputi IV KSP
Permohonan Penambahan DAU dan DAK 2023, Nelson Temui Deputi IV KSP

LIMBOTO, mediasulutgo.com— Sejak menjabat Bupati Gorontalo,pada periode pertama, Nelson Pomalingo benar-benar memanfaatkan kunjungan kerjanya di Jakarta untuk membangun komunikasi dan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam rangka lobi – lobi anggaran.

Terbaru, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyurati Presiden RI Joko Widodo untuk meminta dukungan dan permohonan penambahan Dana Alokasi Umum ( DAU) dan Dana Alokasi Khusus ( DAK) tahun 2023.

“Jadi, Pertemuan Pak Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan deputi IV Kepala Staf Kepresidenan ( KSP) adalah sesuai dengan permohonan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Kepada Presiden Joko Widodo dalam rangka pengusulan penambahan anggaran dana DAK dan DAU tahun 2023. Kemudian surat itu dibalas oleh Deputi IV KSP Di tanda tangani Pak Juri Antoro untuk menerima Audenchi Pemerintah Kabupaten Gorontalo,” terang kepala bagian Pembangunan Setda Kabupaten Gorontalo Erwan Tone, Selasa (9,/8/2022).

Lanjut Erwan, pada pertemuan dengan deputi IV KDP, Pak Bupati didampingi Plt. Kepala badan Keuangan, Direktur RSUD, Plt. Kepala dinas Kesehatan dan saya sendiri Kabag Pembangunan.

Kata Erwan, Intinya, Pak Bupati Memberikan paparan terhadap kondisi daerah,pembangunan, kemiskinan,kondisi perekonomian daerah dan Infrastruktur yang sudah terbangun selama dua periode.

Lebih lanjut Erwan menjelaskan, Tolak ukur yang disampaikan Pak Bupati adalah,usulan Infrastruktur, antara lain,pertama,pembangunan pelabulan taulaa di Kecamatan Bilato sebagai wilayah selatan Kabupaten Gorontalo di teluk tomini.

“Pembangunan pelabuhan bilato ini penting untuk memback up kawasan perekonomian yang ada di wilayah tibawa dan pulubala dan sekitarnya,”,kata Erwan.

Usulan kedua, terhadap pengembangan RSUD Dunda Limboto. Karena kita tau bersama RSUD Dunda Limboto sebagai RS rujukan oleh daerah lain.

“Maka oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo perlu pengembangan lagi RSUD dunda Limboto Tersebut,” ungkap Erwan saat dihubungi Via Telephone selulernya.

Usulan ketiga, pengembangan kawasan pertanian terpadu dan didalamnya perkebunan kelapa,soal bantuan pembibitan dan revitalisasi kelapa. Usulan ini, karena kapasitas Pak Bupati sebagai ketua umum koalisi pemerintah daerah penghasil kelapa ( KOPEK).

” Termasuk kelapa juga sebagai program konsen daerah selain kelapa sawit yang lebih banyak konsen oleh pemerintah pusat. maka selaku ketua KOPEK,Beliau Pak Bupati berharap pengembangan kelapa minimal pembibitan,revitalisasi dan seterusnya,” pungkas Erwan.

Terkahir, program peternakan sapi yang hari ini program ini sudah dikerjasamakan MoU Dengan Pemerintah DKI jakarta.

“Selain permohonan usulan DAU dan DAK pembangunan infrastruktur, ada beragam program kerakyatan yang diperjuangkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang butuh sentuhan dan dukungan pemerintah pusat terutama dukungan pihak KSP “ungkap Erwan.

Permohonan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo tersebut disambut baik oleh deputi IV KSP Juri Antoro. Pihak deputi KSP memberi arahan program ini lebih ke usulan kawasan dan punya peningkatan ekonomi kemudian untuk pengembangan daerah.

Itulah hasil pertemuaj tadi, seluruh bisa dialokasikan para DAU kemudian untuk DAK sesuai kementerian teknis.

“Pihak KSP berupaya mendorong dan memback up. Mereka berharap daerah lebih banyak aktif
terhadap usulan ini, mereka membantu dan siap memback up berbagai usulan tersebut,’ tandas Erwan.