Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Penuhi Pengasuhan Berbasis Hak Anak, Konseling dan Curhat Bagi Masyarakat Pemkab Gorontalo Launching Aplikasi SIAGA GEMILANG

56
×

Penuhi Pengasuhan Berbasis Hak Anak, Konseling dan Curhat Bagi Masyarakat Pemkab Gorontalo Launching Aplikasi SIAGA GEMILANG

Sebarkan artikel ini
Penuhi Pengasuhan Berbasis Hak Anak, Konseling dan Curhat Bagi Masyarakat Pemkab Gorontalo Launching Aplikasi SIAGA GEMILANG

Limboto Mediasulutgo.com Dalam rangka penuhi pengasuhan berbasis hak anak, Pemerintah Kabupaten Gorontalo lewat dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) kerjasama dengan PKK dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kabupaten Gorontalo launching Layanan SIAGA GEMILANG (Sistim Informasi dan Konsultasi Keluarga), Kegiatan itu dilaksanakan disela-sela penyerahan Ijazah kesetaraan paket A,B dan C di Gor David-Tonny, Jumat (25/8).

Menariknya,SIAGA GEMILANG desain layanan melalui aplikasi ini tak hanya menjadi ruang pemenuhan pengasuhan berbasis hak anak namun ini menjadi ruang konseling dan curhat bagi seluruh masyarakat baik itu remaja, orang tua sampai lansia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua Puspaga Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway mengatakan,SIAGA GEMILANG prioritas layanan. Melalui SIAGA GEMILANG secara Aplikasi dan layanan Whatsapp, pihak Puspaga siap menerima keluhan -keluhan masyarakat baik itu, anak-anak, remaja, orang tua bahkan lansia.

“Anak bisa mengeluh Ketika tidak terpenuhi pelayanan dilingkungan keluarga,”kata Fory Naway usai kegiatan itu.
Kenapa Aplikasi ? Karena Kata Fory Naway, saat ini sudah sistem digitalisasi sehingga masyarakat yang tidak bisa bertatap muka akan dilayanai secara online.

“Jadi, bisa juga tatap muka digedung Puspaga Kabupaten Gorontalo tapi juga bisa secara online melalui Aplikasi yang telah dilaunching tadi,”terang Fory Naway.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, Aplikasi ini sangat membantu masyarakat dari berbagai bentuk keluhan -keluhan masyarakat, baik permasalahan termasuk remaja, keluarga, orang tua dan lansia.

“Kami kolaborasi dengan Dikbud sebagai wadah satuan Pendidikan baik Pendidikan formal maupun Pendidikan Non Formal. Layanan formal meliputi tingkatan PAUD, SD hingga SMP untuk lintas Kabupaten dan SMA tentunya sudah di Provinsi ,”ungkap Fory.

Namun Kata Fory untuk tingkatan SMA kami tetap melayaninya karena mereka juga sebagai masyarakat Kabupaten Gorontalo.

Guru besar UNG itu menambahkan, selain itu pihaknya juga melaksanakan sosialisasi stop dan mencegah fenomena bunuh diri. “Nah, ini yang kita lakukan penanganan secara cepat baik tatap muka maupun melalui online, baik itu konseling maupun curhat,”jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala dinas P3A Zesca Uno menambahkan,selain Aplikasi dilaunching namun pihak kami pun ada layanan PUSPAGA Kabupaten Gorontalo aktif turun lapangan dalam memberikan sosialisasi tentang pengasuhan keluarga.

“tentang PUSPAGA, ada layanan Parenting, layanan pengasuhan anak, layanan deteksi tumbuh kembangkan anak, tentang konseling kejiwaan maupun pribadi. Disini layanan pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan,”terangnya.
Terkait Aplikasi, Zesca Uno mengatakan, selain bentuk layanan Whatsapp juga menyediakan Aplikasi SIAGA GEMILANG melalui Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *