Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Kembangkan Tanaman Jagung di Gorontalo, Nelson : HKTI Bentuk Koperasi Konsumen Tani Nusantara Mandiri

1876
×

Kembangkan Tanaman Jagung di Gorontalo, Nelson : HKTI Bentuk Koperasi Konsumen Tani Nusantara Mandiri

Sebarkan artikel ini

 

Limboto Mediasulutgo.com- Koperasi pertanian memegang peranan penting dalam mensejahterakan petani.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Peranan tersebut meliputi pasokan input yang dibutuhkan petani seperti benih, pupuk,

prosesing, dan pemasaran hasil.

Gorontalo mayoritas penduduknya adalah petani sehingga ini merupakan peluang besar

bagi koperasi tani untuk menjadikan petani bukan saja sebagai objek tetapi juga sebagai

subjek atau mitra koperasi dalam mensejahterakan petani ataupun anggota koperasi.

Untuk mewujudkan kesejahteraan petani jagung di daerah ini, DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Provinsi Gorontalo hadirkan Koperasi Tani Nusantara Mandiri badan hukum ekonomi rakyat.

Tak hanya itu,Inisiatif HKTI ini pun dibarengi juga dengan kolaborasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Koperasi Tani Nusantara Mandiri bersama PT Casagro Futura Pratama (Produsen pupuk pertanian), PT Charoen Pokphand Indonesia (Produsen pakan ternak dari jagung), serta Bank Sulutugo.

hari ini kita bersepakat mengembangkan tanaman jagung di daerah. Disepakati melalui penandatanganan masing-masing pihak dalam sebuat catatan kesepahaman (MoU).

Penegasan ini disampaikan Ketua HKTI Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo, dalam sambutannya pada kegiatan launching Koperasi Konsumen Tani Nusantara Mandiri dan Penandatangan Kesepahaman MoU tersebut, Rabu (17/4/2024).

Untuk diketahui, Penandatangan kesepahaman dari HKTI dilakukan Nelson Pomalingo.Sementara dari

Ketua Masyarakat Agribisnis Indonesia dan Ketua Dewan Jagung Nasional ditandatangani Fadel Muhammad, serta dari kedua perusahaan ditandatangani oleh masing-masing pemimpinnya. misalnya Vito Tjahyadi Direktur PT. Casagro Futura Pratama Penyedia pupuk dan benih jagung untuk koperasi Tani Nusantara Mandiri.Produsen pupuk batubara merk FUTURA

Lebih lanjut Nelson Pomalingo yang juga Bupati Gorontalo itu mengatakan, Sebagai tahap pertama perjanjian tersebut disepakati,tahap awal akan dikembangkan tanaman jagung untuk lahan 1000 hektar di Kabupaten Gorontalo.

“Prioritas musim tanam ini, bulan April – Mei ada 1000 hektar. Khusus untuk Kabupaten Gorontalo, dan petani-petaninya sudah siap,” Kata Nelson Pomalingo,

Lanjutnya, untuk tahap selanjutnya adalah menanam padi dan tanaman pertanian lain, di seluruh Provinsi Gorontalo. Upaya ini

mendapat dukungan dari produsen pupuk, dan pakan ternak, serta perbankan.

“Berkolaborasi dengan pemerintah daerah, oleh karena itu penyuluh pertanian menjadi pendamping. Sehingga kemungkinan suksesnya bisa kita jamin. Baik dari penanam sampai dengan pengolahan hingga pasar,” ujar Nelson.

Sementara itu, Vito Tjahyadi sebagai Direktur PT. Casagro Futura Pratama Penyedia pupuk dan benih jagung untuk koperasi Tani Nusantara Mandiri, Mengatakan, PT. Casagro Futura Pratama (CFP) merupakan produsen pupuk batubara dengan merk Futura yang telah mendapatkan paten Indonesia dan Amerika.

“Pupuk batubara FUTURA merupakan terobosan luar biasa di dunia pertanian. Pupuk batubara FUTURA mengurangi penggunaan pupuk kimia mulai dari 50% dengan harga yang lebih murah dari pupuk kimia sehingga membantu petani jagung melakukan penghematan pupuk hingga 1,6juta rupiah per hektar,”jelas Vito Tjahyadi

Vito Tjahyadi mengaskan,

Melalui MOU ini PT. CFP bertanggung jawab menyediakan pupuk dan benih secara lengkap kepada Koperasi Tani Nusantara Mandiri agar dapat diberikan kepada petani anggorta koperasi yang masuk ke dalam program KUR.

“Sehingga para petani mendapatkan kepastian kesediaan pupuk dan benih dengan harga terjangkau,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *