Diskominfo Bangun Interkoneksi Jaringan Terpadu Pemda

oleh -114 Dilihat
Diskominfo Bangun Interkoneksi Jaringan Terpadu Pemda
Diskominfo Bangun Interkoneksi Jaringan Terpadu Pemda

Diskominfo Bangun Interkoneksi Jaringan Terpadu Pemda

LIMBOTO, mediasulutgo.com— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gorontalo mengintegrasikan sistem jaringan internet di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pengintegrasian sistem jaringan internet ini di bahas pada rapat koordinasi yang di pimpin oleh Asisten administrasi Umum dan juga beberapa OPD. Rabu, (27/7/2022) yang di laksanakan di Ruang Kerja Asisten Administrasi Umum.

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku menyampaikan bahwa rapat koordinasi bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana OPD menindaklanjuti tema RKPD kominfo tentang pembangunan di era metavers di tahun 2023.

“ tahun 2022 ini menjadi starting poin bagi kita khususnya kominfo untuk mempersiapkan konstruksi kegiatannya terkait dengan tema RKPD tadi , salah satu hal yang kita rancang adalah bagaimana kita mengintegrasikan sistem jaringan internet secara terpadu,” Kata Sumanti

Sumanti menambahkan sistem layanan internet ini tentunya akan memberikan manfaat yaitu secara internal pada kualitas layanan pemerintah daerah dan juga akan memberikan ruang publik yang bisa digunakan oleh masyarakat secara lebih luas.

“ Agar kemudian dari segi anggaran akan lebih efisien dan dari segi efektivitas ini lebih memberikan kualitas layanan kepada seluruh OPD,” jelasnya

Sehingga, kata Sumanti berdasarkan skema tahapan yang telah dilakukan oleh kominfo, maka di bulan Agustus mendatang kominfo akan merampungkan proses seleksi dan MOU, dan di bulan september oktober sudah pembangunan konstruksi infrastrukturnya.

“ dan kurang lebih akhir desember kita sudah test drive sistem layanan interkoneksi internet terpadu sehingga bulan Januari kita sudah running untuk memastikan Pemerintah Kabupaten Gorontalo sudah memiliki layanan internet secara terpadu,” tandasnya

Ditempat terpisah Kepala Bidang Aptika, Ronald Entengo menambahkan bahwa, interkoneksi jaringan ini merupakan pemenuhan terhadap Indikator Kinerja Kunci penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika serta manajemen layanan dalam indeks SPBE.

“ sehingga diharapkan dengan interkoneksi ini dapat menjngkatkan IKK dan Indeks SPBE dimaksud,” pungkasnya