Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Bupati Nelson Minta, Gerakan Menanam Tanaman Pangan Agar Jadi Budaya 

2376
×

Bupati Nelson Minta, Gerakan Menanam Tanaman Pangan Agar Jadi Budaya 

Sebarkan artikel ini

Limboto Mediasulutgo.com- Dengan memanfaatkan lahan produktif atau pekarangan masyarakat diharapkan menanam tanaman pangan menjadi budaya dalam rangka antisipasi krisis pangan. Tak hanya itu, menanam pohon buah dan lain lain juga dijadikan budaya dalam kehidupan sehari hari.

tanaman pangan dan pohon buah lainnya ini sangat penting karena menjadi kebutuhan utama bagi keluarga. Tanaman pangan kebutuhan demikian pula untuk tanaman pohon dan lain lain itu dalam rangka mengatasi perubahan iklim karena menanam itu menghasilkan oksigen

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan dalam pencanangan gerakan menaman cabai serentak Se Kabupaten Gorontalo, Jumat ( 3/5/2024).

“Namanya menaman,Baik itu cabai, pohon buah dan macam – macam tanaman akan menghasilkan oksigen,” Tambah Bupati Nelson .

Lanjut Nelson, menaman tanaman pangan seperti cabai ini dalam rangka mengatasi inflasi. Karena itu dirinya meminta kepada dinas ketahanan pangan dan dinas pertanian membuat target dengan dua aspek baik itu cabai dan bawang merah

“Dalam gerakan ini disampaikan kurang lebih 19 Ha lahan digunakan, Nah kalau dapat satu bulan kedepan ini capai 100 Ha.baik cabai maupun mencoba tanaman bawang merah,’ imbuh Nelson

Ia mengakui juga kalau ini dilakukan maka produksi cabai dan bawang merah bukan untuk Kabupaten Gorontalo tapi Provinsi maupun untuk daerah luar Gorontalo.

Nelson pun optimis, Penanaman ini bukan menjadi keuntungan dari sisi ekonomi atau pendapatan tapi juga sisi ekologi

” Lingkungan kita terjaga tapi juga pendapatan masyakat naik. Sekali lagi saya berharap menanam ini harus menjadi budaya,” tandas Nelson.

Dibagian lain, Kepala dinas ketahanan pangan Kabupaten Gorontalo menambahkan, gerakan ini dalam rangka menindaklanjuti Limboto sebagai kota cerdas pangan yang akan ditularkan di semua wilayah kecamatan dan desa dan kelurahan se Kabupaten Gorontalo.

Memang sesuai rakor inflasi dengan Mendagri bahwa intruksinya gerakan tanam cabai dan bawang merah

” Ini intruksi Mendagri,karena inflasi tinggi masih di cabai dan bawang merah,” terangnya

Untuk diketahui gerakan tanam cabai serentak ini dilaksanakan di seluruh desa dan Kecamatan Se Kabupaten Gorontalo dengan luas lahan kurang lebih 19 Ha dengan jumlah tanaman cabai 2520 pohon.

Untuk kecamatan Limboto di pusatkan dilahan Kelompok Tani Wanita Istiqomah Kelurahan Bolihuagga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *