Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Dua Profesor Berbincang Terkait Sampah Potensi Untuk Membangun Sirkulasi Ekonomi Daerah Gorontalo

×

Dua Profesor Berbincang Terkait Sampah Potensi Untuk Membangun Sirkulasi Ekonomi Daerah Gorontalo

Sebarkan artikel ini

LIMBOTO Mediasulutgo.com- Bupati Gorontalo,Prof. Nelson Pomalingo menerima audenchi Prof A. Zaenal Abidin,selaku Kepala Laboraturium Polimer & Membran Fakultas Teknologi Industri ITB. Pertemuan Kedua Profesor tersebut menarik disimak,mereka berbincang serius terkait pengelolaan sampah sebagai potensi untuk membangun sirkulasi ekonomi Daerah Gorontalo.

Disamping itu,kedua profer itu membahas tindak lanjut MoU Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan ITB dalam kaitan Penerapan Teknologi Masaro ITB dengan membangun konektivitas sampah Zero & Pengembangan Sektor Pertanian – Peternakan – Perikanan Organik.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bupati Nelson mengatakan,pertemuan ini sebagai tindak lanjut kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo dengan ITB dalam program Optimalisasi Pengelolaan Sampah melalui Konsep Manajemen Sampah Zero (Masaro).

Lanjut Nelson, Konsep Masaro ITB digagas oleh Prof. Zaenal Abidin, Ph.D. Dengan konsep ini, sampah tak perlu dikirim ke TPA. Semua bisa diolah tanpa ada residu dan mampu menghasilkan produk lain yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

“saya sangat merespon positif kerja sama ini,karena sampah telah menjadi isu dunia yang dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di Gorontalo,”terang Bupati Nelson ditemui usai pertemuan tersebut,Jumat (5/7/2021) di rumah dinas Bupati Gorontalo.

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan itu, Kata Bupati Nelson,dirinya bersama OPD terkait akan melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengolahan Sampah Zero & Praktek Bertani – Beternak – Ber perikanan dengan mengaplikasian Pupuk,Pestisida & Konsentrat Pakan Organik Masaro (Manajemen Sampah Zero).

“kita akan sosialisasikan ketingkat bawah terutama melalui peran kepala –kepala desa. Dalam waktu dekat sosialisasi untuk krepala-kepala desa dilaksanakan,ini dalam rangka berdampak pada nilai ekonomis, Sampah Potensi Untuk Membangun Sirkulasi Ekonomi Daerah Gorontalo,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *