Scroll keatas untuk lihat konten
OPINIEKONOMI BISNISHEADLINES

DMO MIGOR CURAH: EFEKTIFKAH UNTUK STABILKAN HARGA?

×

DMO MIGOR CURAH: EFEKTIFKAH UNTUK STABILKAN HARGA?

Sebarkan artikel ini
DMO MIGOR
Foto: Istimewah

DMO MIGOR CURAH: EFEKTIFKAH UNTUK STABILKAN HARGA?

Oleh: Andriyani Male

(Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan UNG)

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

 

OPINI, mediasulutgo.com — Minyak Goreng merupakan salah satu bagian dari kebutuhan pokok masyarakat. Walaupun minyak goreng bukan sebagai bahan baku namun keberadaan minyak goreng  sebagai pembantu. Dalam kehidupan sehari-hari hampir seluruh masyarakat sering mengkonsumsi makanan yang didalamnya  mengandung minyak. Karena fungsi dari minyak goreng itu sendiri, selain digunakan untuk menggoreng makanan juga  untuk menambah cita rasa dan aroma makanan.

Minyak goreng termasuk bahan makanan pokok yang sangat dibutuhkan untuk semua kalangan masyarakat. Baik itu ibu rumah tangga, industri, pedagang gorengan, dan penjual jajanan kaki lima. Akan tetapi keberadaan minyak goreng sering mengalami masalah atau kendala. Hampir setiap tahun masalah minyak goreng selalu ada. Baik itu dari segi ketersediaan di pasar, kualitas dari minyak goreng nya, maupun dari harga penjualannya.

Pada bulan februari 2022 kemarin terjadi kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng. Sampai-sampai hal itu menyusahkan dan meresahkan masyarakat. Ada ibu-ibu yang rela mengantri panjang untuk mendapatkan minyak goreng, ada ibu-ibu yang berebutan untuk mendapatkan minyak goreng disebabkan karena kelangkaan. Bahkan hal itu dimanfaatkan oleh mafia-mafia minyak goreng untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Tidak hanya berhenti sampai disitu  terkait masalah minyak goreng, baru-baru ini pada 1 juni 2022 menteri koordinator maritim dan investasi (menko marves) luhut binsar pandjaitan membuat kebijakan baru yakni dengan mengubah ketersediaan minyak goreng curah yang tadinya berbasis subsidi menjadi berbasis pemenuhan pasar domestic atau DMO. Kata menko luhut saat menyampaikan update ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng, secara daring, minggu (5/6/2022). Tak hanya memastikan minyak goreng saat ini terpenuhi di pasar-pasar domestik, Luhut juga memastikan kalau harga yang dipatok pemerintah sesuai pada harga eceran tertinggi (HET) dilansir dari tribun news.com 05/06/2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *