Scroll keatas untuk lihat konten
BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSULUT

Staf Ahli Bupati Bolmut Launching Proyek Perubahan “Pelaminan Induk Itik”

×

Staf Ahli Bupati Bolmut Launching Proyek Perubahan “Pelaminan Induk Itik”

Sebarkan artikel ini

BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Staf Ahli Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Santoro, S.Pd menggelar launching (peluncuran) program inovasi yang menjadi karya dalam penyelesaian akhir dari implementasi Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II (dua) angkatan lX (kesembilan) Tahun 2021 Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

Launching Penerapan Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis IT yang disingkat “Pelaminan Induk Itik” ini dihadiri Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP yang sekaligus secara resmi melaunching penerapan Pelaminan Induk Itik di Kabupaten Bolmut, bertempat di Aula Kantor Camat Kaidipang, Kamis (2/9/2021).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Wabup Bolmut Amin Lasena menyampaikan apresiasi dan terima kasih dengan adanya inovasi ini, dan  akan mengurangi kegiatan mobilitas masyarakat dan kerumunan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Program inovasi ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam upaya memberikan jaminan dan pengakuan status hukum melalui kepemilikan dokumen kependudukan yang sah,” ungkapnya.

Lanjut Amin, “Sejalan dengan 3 (tiga) program strategis nasional di bidang kependudukan dan catatan sipil yaitu Tertib Data Base, Tertib Nomor Induk Kependudukan dan Tertib Dokumen Kependudukan,” ungkap Wabup.

Staf Ahli Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Santoro, S.Pd

Sebelumnya, Santoro menjelaskan inovasi Pelaminan Induk Itik ini dipilih dengan beberapa masalah diantaranya dari sisi geografis dan ekonomi serta dengan mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang tidak pasti kapan akan berakhir.

“Letak geografis Bolmut yang penduduknya berada jauh dari ibu kota Kabupaten dan fenomena yang terjadi pada saat masyarakat mengurus dokumen kependudukan yakni jarak dan waktu. Kemudian, dari sisi ekonomis masyarakat bisa hemat biaya waktu dan tenaga. Karena hanya dengan menggunakan handphone android kita dapat mengakses data yang dengan mudah. Dan manfaat lainnya juga mengurangi beban biaya pengeluaran masyarakat terutama biaya transportasi,” jelasnya.

Secara resmi, kata Santoro, penerapan Pelaminan induk itik ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di enam Kecamatan guna mendapatkan pelayanan secara online melalui WhatsApp. Dimana, hanya membutuhkan waktu 15 menit data yang dibutuhkan tuntas.

“Jadi setelah dilakukan permintaan dari Pemerintah desa ke Dukcapil sesuai dengan kelengkapan berkas, maka secara otomatis akan segera diproses oleh operator melalui nomor 085273960096,” terangnya.

Dengan harapan, output jangka pendeknya pelayanan dokumen berupa akte kelahiran, akte kematian plus Kartu Keluarga, untuk jangka menengah masyarakat Bolmut bisa mengaksesnya tidak ada batasan serta pada jangka panjang ada payung hukum dari pemerintah daerah untuk mengikat program ini.

Turut Hadir Sekda Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M,Si, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Bolmut Jacomina H.J Mamuaja, S.Pd, para Staf Ahli Bupati Bolmut, Pimpinan OPD Terkait, serta para Camat dan Sangadi. (Dolvin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *