Perihal Batu Hitam, Frengky Max Kadir Minta Bupati Hamim Tanggung Jawab

oleh -5514 Dilihat

BONE BOLANGO, mediasulutgo.com Lagi-lagi Batu Hitam yang diduga ilegal berhasil diamankan pihak kepolisian, lima unit truck diamankan saat melintas di jalur Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Selasa 01/03/2022).

Padahal sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi pada tahun lalu dimana dua kontainer berhasil ditahan karena ternyata berisi batu hitam hasil tambang ilegal di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Terkait hal ini, Aktivis muda Bone Bolango, Frengky Max Kadir saat dihubungi awak media ini dengan tegas meminta Bupati Bone Bolango Hamim Pou untuk bertanggungjawab atas praktek ilegal di Bone Bolango.

“Saya minta Bupati Hamim Pou bertanggungjawab. Sangat riskan seorang Bupati jika membiarkan hal ini terjadi didaerahnya,” kata Frengky.

Frengky mengungkapkan masyarakat bisa menilai kinerja seorang Bupati dalam menghadapi persoalan Batu Hitam ini yang terkesan seolah-olah membiarkan praktek ilegal di Bone Bolango.

“Kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Harusnya Bupati mengambil peran strategis dalam menjaga wilayahnya, bukan sebaliknya terkesan membiarkan aktivitas tambang Batu Hitam ilegal, masyarakat dapat menilai kinerjanya, baik atau buruk terkait persoalan ini,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar Aparat Penegak Hukum serius dalam menangani perkara Batu Hitam ilegal ini, karena negara seolah ditantang pelaku tambang Batu Hitam ilegal ini.

“Negara tidak boleh kalah dengan pelaku tambang ilegal yang pasti merugikan masyarakat dan daerah. Kita support Aparat Penegak Hukum untuk bekerja profesional, juga kita bergerak jauh untuk melaporkan hal ini ke KPK,” tutur Frengky. (Alwy)