Bapelitbangda Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan

oleh -407 Dilihat
Bapelitbangda Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan
Bapelitbangda Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan

LIMBOTO, mediasulutgo.com –, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) melaksanakan hajatan tahunan yang sangat penting dan strategis dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan daerah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kecamatan untuk perencanaan pembangunan tahun 2023.

Musrenbang, Rabu (16/02/2022), menyasar lima kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo, terdiri dari wilayah Boliyohuto, Mootilango, Bilato, Asparaga dan Tolangohula.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa proses perencanaan pembangunan di kabupaten gorontalo telah dimulai pada minggu pertama bulan Januari tahun 2022 yaitu penginputan usulan desa menggunanakan Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Bapelitbangda saat ini sudah mengantongi ribuan usulan desa. adapun jumlah usulan desa yang terinput dalam SIPD sebanyak 1.437 usulan.

“ Kemudian, usulan-usulan ini akan dibahas dalam musrenbang kecamatan, untuk menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan akan yang menjadi prioritas kecamatan,” Kata Nelson.

musrenbang kecamatan ini tahun ini diharapkan dapat menghasilkan output daftar usulan skala prioritas pembangunan kecamatan tahun 2023 untuk diusulkan ke musrenbang kabupaten.

“Prioritas usulan kecamatan harus terintegrasi atau memiliki daya ungkit terhadap capaian target pembangunan daerah yang di prioritaskan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan daerah, antara lain, peningkatan upaya penanggulangan kemiskinan, peningkatan upaya kesehatan dan mutu pendidikan bagi masyarakat, peningkatan upaya pelestarian lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, peningkatan akses-bilitas daerah, dengan meningkatkan kualitas infrastruktur daerah, peningkatan daya saing daerah, dengan berfokus pada sektor peningkatan pertanian dan ketahanan pangan, terwujudnya sistem tata kelola pemerintahan yang bersih,,” Tukas Nelson.

Terkait hal tersebut, Bupati dua periode itu menambahkan, masukan dari semua unsur sangat harapkan, sehingga musyawarah perencanaan pembangunan di kecamatan boliyohuto Cs menjadi lebih bermakna, karena merupakan media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan, untuk menyelaraskan prioritas pembangunan desa/kelurahan dan kecamatan, dengan prioritas dan sasaran pembangunan daerah yang lebih berkualitas.(if)