Scroll keatas untuk lihat konten
EKONOMI BISNISBOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSULUT

Zainudin Achmadi, Peserta Latsar Bolmut Yang Ciptakan 2 Aplikasi Berbasis Android

86
×

Zainudin Achmadi, Peserta Latsar Bolmut Yang Ciptakan 2 Aplikasi Berbasis Android

Sebarkan artikel ini

BOLMUT|mediasulutgo.com –Zainudin Achmadi, SKM salah satu peserta Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2023, berhasil membuat dua aplikasi berbasis android.

Kedua aplikasi tersebut masing-masing aplikasi digitalisasi arsip surat dan aplikasi survey keamanan pangan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat ditemui, Zainudin yang tercatat sebagai salah satu pegawai di Dinas Ketahanan Pangan Bolmut itu mengatakan penataan pengelolaan arsip baik secara fisik maupun digital, sudah seharusnya dilakukan.

“Keberadaan arsip tersebut tidak hanya arsip fisik, namun akan lebih efisien dan efektif jika arsip tersebut didigitalisasi. Akan tetapi, pengarsipan surat masuk dan surat keluar di Dinas ketahanan pangan masih menggunakan pengarsipan fisik saja, belum didigitalisasi.”ungkap Zainudin.

Berdasarkan hal tersebut, kata Zainudin, dirinya mengangkat Isu ini menjadi sebuah Judul Aktualisasi yaitu “Digitalisasi Arsip Surat masuk dan Surat Keluar di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.”

“Saya membuat aplikasi ini agar mempermudah pengarsipan dan perekapan surat setiap tahun. Diharapkan dengan adanya aplikasi pengarsipan surat ini dapat mengoptimalkan pengarsipan surat di dinas ketahanan pangan.”ujarnya.

Dalam aplikasi Surat masuk dan surat keluar terdapat fitur-fitur Penyimpanan, pencarian dengan menggunakan kata kunci dan kriteria, Update, total surat masuk, total surat keluar dan rekapan jumlah surat, dan Cetak Arsip.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan merancang aplikasi survey Keamanan Pangan berbasis android.

“Saat ini survey keamanan pangan masih menggunakan form manual sehingga saya berinisiatif membuat aplikasi khusus survey keamanan pangan.”jelasnya.

Aplikasi ini jelas Zainudin mempermudah survey karena pendataan pelaku usaha pangan, dokumentasi kegiatan, dan hasil Pemeriksaan sampel bahan pangan sudah langsung bisa di input dalam aplikasi.

“Dan hasilnya bisa di export dalam bentuk file excel. Tampilan Aplikasi ini masih sederhana karena masih dalam tahap pengembangan untuk icon, warna dan background. Untuk fiturnya sudah bisa digunakan”tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *