Trend Kasus Cabul, Kasat Reskrim Minta Peran Orang Tua Lebih Ditingkatkan

oleh -426 Dilihat

BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Belakangan ini di wilayah hukum Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kerap terjadi kekerasan seksual terhadap seorang anak. Anak perempuan utamanya. Tak ingin kasus serupa terus terjadi lagi, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) meminta agar peran orang tua dapat lebih ditingkatkan dalam menjaga buah hatinya.

Dikatakan Kasat Reskrim Polres Bolmut AKP Herdy Manampiring SH, saat ditemui media ini diruang kerjanya, Kamis (17/2/2022), mengatakan bahwa kasus yang terjadi dan sedang ditangani Polres Bolmut, kata Herdy, yakni pelakunya rata-rata dari tetangga korban.

“Paling banyak pelakunya dari kalangan ‘om-om’. Dalam hal inilah perhatian orang tua perlu ditingkatkan,” sebutnya mewakili Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso SH SIK.

Selain itu, orang tua juga dapat mengajarkan buah hatinya mengenai beretika dan bersopan santun. Terutama batasan antara laki-laki dan perempuan, mengenai apa yang tidak boleh dan diperbolehkan.

“Pada intinya pengawasan terhadap anak harus ditingkatkan, sebab dari data yang ada pencabulan di tahun ini lebih trend dari tahun sebelumnya,” sebutnya.

Herdy menambahkan, dampak terhadap korban kekerasan seksual terutama psikisnya anak.

“Akibatnya korban bisa mengalami stres yang kemudian dapat menganggu perkembangan otaknya,” imbuhnya.

Disamping itu, diharapkan juga peran dari Pemerintah Kabupaten Bolmut melalui instansi teknis untuk mengambil langkah-langkah terkait pencegahan kasus cabul tersebut.

“Dalam pencegahan perlu ada dukungan dari pihak instansi terkait untuk mengambil langkah preventif dan persuasif,” pungkasnya. (Dolvin)