Terkait Program Triple Helix, Pemkab Bolmut FGD dengan Unsrat Manado

oleh -556 Dilihat

BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Tindak lanjut hasil pembahasan rencana kerja tahunan Institute of Innovative Farming Systems (IIFS) dan penandatanganan MOA di Jakarta pada tanggal 22 Januari 2022 terkait pelaksanaan Triple Helix di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Pemerintah Kabupaten menggelar FGD dengan Unsrat Manado, bertempat di ruang rapat Bapelitbang setempat, Kamis (10/3/2022).

Dalam FGD tersebut, Wakil Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan lokasi yang dibutuhkan untuk pengembangan industri ternak sapi.

“Intinya, kita telah menyiapkan lahan yang dibutuhkan. Untuk pembangunan kandang moderen, pakan ternak, dan fasilitas lain,” kata Amin.

Menurutnya, Pemkab Bolmut menarget 302 hektar dan lahan yang sudah di flot seluas 100 hektar. Wabup Bolmut berharap program tersebut tujuan akhirnya adalah membuka peluang investor untuk masuk ke Kabupaten Bolmut.

“Kalau berhasil, ini akan menjadi kawasan ekonomi khusus pangan. Maka target kita menyiapkan infrastruktur yang pada akhirnya investor masuk,” imbuhnya.

Sementara, Prof Dr Ir Umar Paputungan, M.Sc selaku Ketua Tim dari Unsrat Manado menjelaskan bahwa kedatangannya untuk memastikan kesiapan Pemkab Bolmut pada program tersebut.

“Kami datang mengecek apa yang telah tersedia di Bolmut. Karena, kita konsentrasi penuh pada program triple heliks,” tutur Prof Umar.

Selanjutnya, kata Umar, sekembalinya dari sini tentu pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan pihak Australia.

“Kami akan melaporkan perjalanan kami saat melihat kondisi lokasi. Kemudian tim Australia akan datang melihatnya langsung,” ujarnya.

Ia menambahkan, ditargetkan program triple heliks di Bolmut sudah masuk tahap penelitian di tahun 2023.

“Yang sudah didesain kandang dan peralatan di tahun 2022 ini. Tahun berikutnya sudah konsen pada penelitian,” pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Bapelitbang Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, Kadis Perkimtan Bolmut Moh. Hidayat Panigoro, Kadis PM PTSP Bolmut Haris Bangko, dan Kakan Kesbangpol Bolmut Hi. Ramin Buhang, Kabag Humas Prokopimda Bolmut Saroedj, serta jajaran Tim Unsrat Manado. (Dolvin)