Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOBOALEMO

Sherman Moridu: Boalemo Mewujudkan Wilayah Produktif dan Berkualitas Melalui Penataan Ruang yang Berkelanjutan

29
×

Sherman Moridu: Boalemo Mewujudkan Wilayah Produktif dan Berkualitas Melalui Penataan Ruang yang Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini

BOALEMO, Mediasulutgo.com Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu, dalam penutupan Konsultasi Publik 1 Penyusunan Konsep Rencana Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Boalemo tahun 2023, menyampaikan visi dan tujuan kebijakan serta strategi penataan ruang wilayah untuk mewujudkan wilayah yang produktif dan berkualitas bagi kehidupan masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Supanndra Nur, serta Sekretaris Ronny Taningo. Kegiatan tersebut berlangsung di New Rahmat Hotel Kota Gorontalo pada Sabtu (15/4/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sekretaris Daerah, Sherman Moridu, menjelaskan bahwa strategi penataan ruang mencakup berbagai aspek, termasuk pengembangan wilayah, pengaturan dan pengendalian, pemanfaatan sarana, serta pengembangan ruang fungsional. “Melalui strategi-strategi ini, diharapkan Kabupaten Boalemo dapat memanfaatkan sumber daya berbasis pertanian dan pariwisata secara berkelanjutan,” Kata Sherman moridu.

Rencana struktur ruang wilayah Kabupaten Boalemo yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah, melibatkan sejumlah komponen penting, antara lain pusat kawasan industri, pemanfaatan prasarana yang ada, serta pengembangan kawasan lindung dan lainnya. Dengan mengoptimalkan potensi wilayah secara berkelanjutan, Kabupaten Boalemo diharapkan dapat menjadi lebih maju dan berkualitas di masa depan.

Sherman Moridu juga mengungkapkan kontribusi Kabupaten Boalemo terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo. Pada tahun 2020, Kabupaten Boalemo berkontribusi sebesar 13,11% dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 6% setiap tahun sebelum terjadinya pandemi. Sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar dengan persentase kontribusi sebesar 55,81%. Namun, sektor-sektor lain yang tumbuh signifikan kurang memiliki dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Menurut Sherman, penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Boalemo untuk 20 tahun mendatang sangat penting. Diharapkan rencana tersebut dapat menemukan arah kebijakan yang tepat sehingga Kabupaten Boalemo dapat menjadi lebih maju dan berkembang dari sebelumnya.

“Melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan tujuan mewujudkan wilayah yang produktif dan berkualitas dapat tercapai dengan baik. Kendati demikian, penyusunan rencana tata ruang wilayah memerlukan partisipasi dan keterlibatan aktif dari seluruh pihak terkait. Masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan dan dukungan agar rencana tersebut dapat memperhitungkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat secara holistik. Dengan kerjasama yang baik, Kabupaten Boalemo dapat mencapai potensinya sebagai wilayah yang unggul dalam sektor pertanian dan pariwisata yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” Ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *