Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Sekda Gorut Buka Kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Pola Agroforestry

59
×

Sekda Gorut Buka Kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Pola Agroforestry

Sebarkan artikel ini

GORUT, mediasulutgo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin membuka kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Pola Agroforestry tingkat Kabupaten Gorut tahun 2021.

Dalam sambutannya Sekda Ridwan Yasin menyampaikan, bahwa sosialisasi ini adalah sebagai upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Dan perlu kita ketahui bahwa hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan daerah resapan yang penting. Jika hulu DAS mengalami kerusakan maka akan memicu terjadinya banjir, erosi, dan longsor seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Gorut,” ungkap Ridwan, di Aula Tinepo, Rabu (03/02/2021).

Olehnya guna mengatasi masalah tersebut, maka penting dilakukan program untuk perbaikan lingkungan, diantaranya adalah kegiatan RHL.

“Maka dari itu kegiatan RLH ini sangat perlu menerapkan pola penanaman yang bisa mengakomodir kepentingan masyarakat, serta menjaga kepentingan status kawasan pada tatanan keseimbangan ekologi dan ekonomi serta sosial,” terangnya.

Oleh karena itu, untuk mewujudkannya  SDM harus dikelola secara seimbang untuk menjamin keberlanjutan pembangunan. Sebagimana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Gorut periode 2018-2023, salah satunya adalah meningkatkan kualitas lingkungan .

“Maka dari itu penerapan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan di seluruh sektor dan wilayah menjadi prasyarat utama dalam pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan. Sehingga dalam persoalan pengelolaan hutan juga diperlukan konsep kelestarian,” ujarnya.

Lebih jauh ia berharap, kepada instansi terkait, baik dari kalangan pendidikan, TNI-Polri, dan pihak swasta secara bersama – sama ikut serta mendukung kegiatan RHL.

“Karena pohon yang kita tanam dalam kegiatan RHL ini, selain untuk mengendalikan longsor, dan banjir, tetapi juga dapat menyediakan sumber air bersih dimusim kemarau, maka perlu kita pelihara dan kita jaga bersama,” tandasnya.(Srm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *