Sehari DPRD Bolmut Gelar Dua Paripurna, Terkait Ranperda

oleh -174 Dilihat

BOLMUT, Adv – DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), pada Selasa (8/2/2022), menggelar dua Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra didampingi Wakil Ketua Salim Bin Abdullah dan Saiful Ambarak.

Rapat paripurna tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, Sekretaris Daerah, para anggota DPRD, para Asisten, Sekretariat Dewan, pimpinan SKPD, dan perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Bolmut.

Rapat pertama, Paripurna Dalam Rangka Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Bolmut tahun 2022.

Rapat tersebut, dimulai sekitar pukul 13.30 wita dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian penyampaian pandangan masing-masing fraksi yaitu Fraksi PDIP juru bicara Djuldin Bolota, Fraksi PPP oleh Husen Yahya Suit Pontoh, Fraksi Golkar oleh Sartono Dotinggulo, dan Fraksi Kebangkitan dan Persatuan disampaikan oleh Suriansyah Korompot.

“Usulan Eksekutif sebanyak 23 buah Ranperda dan 3 buah Ranperda atas inisiatif DPRD Bolmut,” ungkap Ketua DPRD, Frangky Chendra.

Setelah rehat 10 menit, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna kedua dalam rangka Penetapan 4 (empat) Buah Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bolmut.

Anggota DPRD Bolmut Mardan Umar

Dalam laporan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bampemperda) DPRD Bolmut yang disampaikan oleh, Mardan Umar mengatakan bahwa pihaknya meminta kepada SKPD teknis segera mensosialisasikan ke 4 Ranperda tersebut yaitu:
1. Ranperda tentang pengelolaan pasar rakyat;
2. Ranperda tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah;
3. Ranperda tentang kabupaten layak anak; dan
4. Ranperda tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Perda tersebut segera dilakukan sosialisasi oleh perangkat daerah yang melaksanakan Perda. Perlu komitmen dan konsistensi kita bersama untuk membentuk produk daerah yang berkualitas,” ujarnya.

 

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh

Sementara, Bupati Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik secara langsung, maupun tidak langsung atas ditetapkannya 4 buah Ranperda, terutama kepada seluruh anggota DPRD Bolmut.

Sebelumnya, pada rapat pertama Bupati Depri menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Bolmut yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk menyampaikan 26 Ranperda mengenai arah dan kebijakan pembangunan yang berkaitan dengan pembentukan produk hukum daerah.

“Dalam pembahasan Ranperda ini nantinya tetap mengacu kepada prosedur dan mekanisme yang harus dilewati secara terpadu,” harapnya.

Paripurna ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Bolmut, para anggota DPRD Bolmut, Staf Ahli dan para Asisten Bupati, serta Kepala OPD se-Bolmut. (Dolvin)