Sambangi Kemenag, Ini yang Dikoordinasikan KPU Bolmut

oleh -135 Dilihat

BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebelum berkunjung ke DPRD Bolmut, juga telah menyambangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, pada Rabu (16/2/2022).

Hal ini dikatakan, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Bolmut, Rita Sophia Darondo, kepada media ini bahwa personil KPU yang dipimpin Ketua Djunaidi Harundja diterima langsung oleh Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Bolmut, Idrus Sante, diruang kerjanya.

“Alhamdulillah silatrurahmi kami dengan Kemenag berjalan lancar tanpa kendala,” ungkap Rita.

Ia pun menjelaskan, maksud dan tujuan KPU menyambangi Kemenag Bolmut, disamping silaturahmi juga melakukan koordinasi terkait tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024.

Dimana Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden jatuh pada Rabu 14 Pebruari 2024.

“Penetapan ini telah dituangkan dalam Keputusan KPU Nomor 21 tahun 2022,” Ujar Rita.

Menurutnya, sebelum sampai pada hari H, KPU Bolmut akan terus berkoordinasi baik dengan jajaran Forkompinda maupun stackholder termasuk Kemenag Bolmut.

“Banyak hal yang harus dikoordinasikan dengan Kemenag, diantaranya terkait dengan pemilih pemula yang memerlukan edukasi terkait kepemiluan. Pemilih pemula ini umumnya adalah siswa yang duduk dibangku kelas X, XI, dan XII Madrasah Aliyah (MA), juga siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang pada tahun 2024 nanti akan jadi pemilih pemula,” jelasnya.

Lanjut Rita, hal Ini menjadi penting karena MA dan MTs merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Kemenag. Disamping itu juga banyaknya guru PNS dan non PNS, serta Penyuluh Agama PNS dan Non PNS, bisa dijadikan media untuk mensosialisasikan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.

“Silaturahmi ini juga untuk membangun sinergitas yang baik, antar 2 lembaga pemerintah, secara berjenjang dan berkelanjutan,” pungkasnya

Diketahui, koordinasi tersebut juga dihadiri Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Wiwidayanti Damopolii, Kasubag Rendatin Yessy Mentang, dan Staf Sekretariat. (Dolvin)