Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOGORONTALO UTARA

Pentingnya Peran Pemuda Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Gorontalo Utara

31
×

Pentingnya Peran Pemuda Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Gorontalo Utara

Sebarkan artikel ini

GORUT, mediasulutgo.com – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gorontalo Utara (Gorut) Mikdad Yeser menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Itu disampaikan pada kegiatan seminar lokal dengan tema Peran pemuda dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme, bertempat di Tiktok Cafe Didi Mart, Kamis (22/12/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hadir dalam kegiatan itu, dari kalangan pemuda, kalangan pelajar tingkat SMA dan mahasiswa di Kabupaten Gorut. Pada kegiatan itu juga menghadirkan 3 (tiga) narasumber, baik kalangan TNI diwakili Danramil 1314-06 Kwandang Lettu Inf Edy Sriyanto. Kemudian dari Polri diwakili
Kasat Intel Polres Gorut, Iptu Lukman Yunus, serta dari akademisi STIH Ichsan Gorut, Dr. Fatmah Ngabito.

Mikdad menyampaikan, radikalisme adalah paham yang menolak bahkan cenderung melakukan tindak kekerasan terhadap siapapun yang berbeda paham ataupun keyakinan mereka.

“Oleh karenanya peran pemuda dalam menangkal radikalisme, merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh di abaikan,” ungkap Mikdad Yeser.

Selain itu kata Mikdad, peran pemuda dalam menangkal radikalisme ini, harus juga dimulai dengan menambah wawasan, baik itu wawasan kebangsaan, maupun wawasan keagamaan.

“Karena betapa sering generasi muda itu memiliki semangat keagamaan yang baik. Sebab, luasnya wawasan mampu menghantarkan seseorang untuk bersikap toleran,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui seminar ini benar – benar mampu memberikan ruang bagi generasi muda, sebagai garda terdepan dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme khususnya di wilayah Kabupaten Gorut.

“Jangan sampai ada pemuda yang merasa sindiran hingga ahirnya terpengaruh, terpapar oleh radikal. Oleh karena itu pemuda bisa dikatakan sebagai ujung tombak dalam menangkal masuknya berbagai paham radikalisme dan terorisme di masyarakat,” tandasnya.(TR-05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *