Scroll keatas untuk lihat konten
BOALEMOGORONTALO

Pemda Boalemo Peringati Malam Tumbilotohe

25
×

Pemda Boalemo Peringati Malam Tumbilotohe

Sebarkan artikel ini

BOALEMO, Mediasulutgo.com Penjabat Bupati Boalemo, Dr. Sherman Moridu, S.Pd, MM, didampingi oleh Dandim 1316 Boalemo dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melaksanakan serangkaian kegiatan simbolis dengan memasang lampu tumbilotohe di rumah jabatan Bupati Boalemo pada Sabtu, 6 April 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Sherman Moridu menyampaikan pentingnya tradisi tumbilotohe bagi masyarakat Gorontalo sejak zaman dahulu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Pasang lampu (tumbilotohe) merupakan tradisi masyarakat Gorontalo sejak zaman dahulu kala. Dimana tumbilotohe ini dilaksanakan selama 3 hari terakhir di bulan suci Ramadhan,” ungkap Pj. Bupati.

Lebih lanjut, Dr. Sherman Moridu menjelaskan bahwa para leluhur Gorontalo menganjurkan seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk melaksanakan sholat berjamaah di mesjid, dan salah satu penerangan saat itu adalah lampu yang kini telah menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Gorontalo.

“Dalam konteks Kabupaten Boalemo, tradisi tumbilotohe sudah dilestarikan dengan menggunakan lampu ramah lingkungan guna mendukung pariwisata hijau. Saat ini, di Kabupaten Boalemo, getah kayu damar atau tohe tutu menjadi bagian penting dalam festival tumbilotohe tahun 1445 Hijriah,” tambahnya.

Lampu tumbilotohe yang digunakan dalam festival tersebut menggunakan bahan bakar minyak kelapa dan telah diarahkan ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Boalemo. Titik kumpulnya pun berada di alun-alun kota Tilamuta.

“Insya Allah, tradisi tumbilotohe ini akan terus kita lestarikan dalam rangka meningkatkan daya tarik pariwisata,” tutup Dr. Sherman Moridu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *