Nelson Dianugrahi Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya

oleh -189 Dilihat

Limboto, mediasulutgo.com – Karena kepedulian terhadap pengembangan koperasi, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo dianugrahi sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya oleh Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Penganugerahan mantan Rektor di dua Universitas ternama di Gorontalo itu pada kegiatan Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022 di Lapangan Stadion Kebon Dalem Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (23/07/22)

Terpilihnya sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Paripurna DEKOPIN Nomor: SKEP /11/DEKOPIN-L.04/VII/2022 tanggal 12 Juli 2022 tentang Penganugerahan Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya.

Kepala dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo, Arifin Suaib mengatakan, anugrah diberikan kepada Bupati Gorontalo (Nelson Pomalingo -red) sebagai tokoh penggerak koperasi madya sudah tepat.

Karena Kata Arifin, Bupati Nelson sudah lama berkiprah di Koperasi.

“Sebagai pembina pada Koperasi Sivitas Akademika (KOSIKA) Ponuwa UNG saat menjadi Rektor. Sukses memberikan suasana yang baik dalam tumbuh kembangnya Koperasi Perguruan tinggi tersebut,” ungkap Arifin.

” Beliau,pak Nelson juga menjadi anggotanya sampe sekarang,” lanjutnya.

Bahkan, Pak Nelson Mendorong terbentuknya beberapa koperasi sektor ril yang potensial dalam jabatannya sebagai Bupati.

“Antara lain, Koperasi Syariah Tani Nusantara Mandiri, Koperasi BAMS yang beranggotakan UMKM,” ujar Arifin

Arifin menambahkan, kiprah pak Nelson juga Mendorong terbentuknya tokoh-tokoh Koperasi Pegawai Negeri dengan Brand (KorPRIMart) kolaborasi KPRI dengan Korpri.

“Beliau juga terjun langsung dalam aktivitas koperasi sebagai Ketua PKPRI Provinsi Gorontalo,” jelasnya.

Menariknya, kata Arifin, Hubungan dengan Dekopin sangat baik dan selalu mensupport baik Dekopinwil maupun DEKOPINDA. Sebelum Pandemi sempat mengalokasikan APBD untuk Dekopinda.

Terkahir, Kiprah Pak Nelson, Dalam rangka mendorong Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sekaligus transformasi digital koperasi.

“Beliau mendorong koperasi dan UMKM untuk aktif bertransaksi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo melalui e-marketplace dan e-catalog lokal yang Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Realisasi transaksi saat ini 68% dilakukan oleh koperasi,” tandas Arifin. (If/*)