Kadaluarsa, 227 Vaksin Covid  Masih Disimpan di Puskesmas

oleh -210 Dilihat
Vaksin covid
Ilustrasi
BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Sepanjang tahun 2021 lalu tercatat sebanyak 227 Vial Vaksin Covid 19 dinyatakan melewati masa Expire atau kadaluarsa dan masih tersimpan di masing-masing Puskesmas di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Sampai saat ini belum ada petunjuk pasti terkait tindak lanjut penanganan ratusan vial vaksin jenis Corona Vac Covid 19, Astrazeneca, dan Moderna yang dinyatakan Expire tersebut.

Menurut Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kabupaten Bolmut Sri Sulastri Paputungan, saat dikonfirmasi, Senin (31/1/2022) terkait temuan ratusan vial vaksin Covid-19 yang dinyatakan kedaluwarsa.

Vaksin covid
Ilustrasi

“Kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat dan provinsi. Jadi vaksin kadaluarsa itu masih ada di Puskesmas-puskesmas, nanti kalau ada petunjuk baru kita kumpul,” ungkapnya.

Sementara alasan kadaluarsa, menurut Sulastri, disebabkan, “Mungkin karena distribusi untuk sampai ke Bolmut yang butuh waktu dan juga sempat ada Nakes yang positif Covid-19 sehingga tidak sempat terpakai,” ujarnya. (Dolvin)