Bupati Gorut Ikuti Raker Bersama Mendagri dan Ketua KPK-RI, Secara Virtual

oleh -187 Dilihat

GORUT, mediasulutgo.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin, mengikuti rapat kerja (raker) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI) serta kepala LKPP, secara virtual, Senin (24/01/2022).

Dalam raker itu ada beberapa point penting yang menjadi penegasan ketiga lembaga itu, diantaranya yang berkaitan dengan program strategis kegiatan pemerintah daerah.

“Intinya raker tersebut dalam rangka membahas mengenai pencegahan korupsi. Jadi, menjelang pelaksanaan pembangunan di awal tahun 2022 ini, pada prinsipnya Mendagri meminta kepala daerah harus peka untuk bagaimana pencegahan korupsi,” ungkap Bupati Indra Yasin.

Indra mengatakan, penegasan utama oleh Mendagri yaitu sistem pemerintahan.

“Jadi, sistem dalam pemerintahan yang nanti membuka peluang terjadinya korupsi, diminta oleh Mendagri untuk diperbaiki. Salah satunya yang memungkinkan yakni, biaya-biaya politik yang nantinya ada calon kepala daerah yang duduk berpotensi untuk itu, makanya sistemnya diperbaiki ke depan,” tutur Indra.

Kemudian lanjut Indra, penekanan soal pencegahan korupsi, yakni, integritas kaitan dengan moralitas dan mentalitas para pejabat.

“Karena Mendagri sampaikan ada istilahnya kenapa jabatan saat ini tidak dimanfaatkan untuk ke depan. Sehingga itu sudah harus dihilangkan. Dengan kata lain, setiap pejabat publik harus berintegritas dengan tugas dan tanggung jawabnya,” tandasnya.(TR-05)