Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOBOALEMO

Berkat Komitmen Para Pemangku Kepentingan, Situasi Kondisi Desa Diloato Kembali Kondusif

93
×

Berkat Komitmen Para Pemangku Kepentingan, Situasi Kondisi Desa Diloato Kembali Kondusif

Sebarkan artikel ini

BOALEMO, Mediasulutgo.com Setelah beberapa hari menghadapi kericuhan yang dipicu oleh unras, Desa Diloato akhirnya kembali mengalami kondisi yang kondusif berkat upaya dan komitmen yang tulus dari berbagai pihak terkait. Jum’at (01/09/2023).

Massa pendukung Kepala Desa Diloato, Anton Naki, yang berjumlah sekitar 300 orang, sebelumnya melakukan protes tegas terhadap beberapa warga yang tidak puas dengan kinerja Kades Anton Naki.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Situasi semakin memanas ketika oknum warga tersebut menduduki dan menguasai Kantor Desa Diloato dengan tujuan mengganggu kinerja pemerintahan sah yang dipimpin oleh Kades Anton Naki.

Menurut Yusuf Bobihu, Ketua Karang Taruna Desa Diloato, melalui mediasi yang dipimpin oleh Pemerintah Kecamatan dengan dukungan Camat Paguyaman, Irwan Mantu,Kapolres Boalemo, Kapolsek Paguyaman, Juwari, dan Babinsa, akhirnya ditemukan jalan keluar yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Keputusan untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan hidup rukun serta damai akhirnya diputuskan oleh kedua kubu yang awalnya berseberangan. Langkah ini diambil dalam rangka menjaga stabilitas wilayah, terutama menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Saat ini, situasi di Desa Diloato berada dalam kondisi yang kondusif, aman, dan terkendali. Hal ini tak lepas dari komitmen para pemangku kepentingan di daerah ini, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, serta tokoh-tokoh lainnya. Kolaborasi mereka dengan aparat keamanan dari unsur Kepolisian dan TNI turut berperan penting dalam menciptakan suasana nyaman dan harmonis bagi warga Desa Diloato,”Ungkap Yusuf Bobihu.

Sementara itu, Salim Saini, seorang Senior Tokoh Adat (Utoliya) Desa Diloato, mengungkapkan harapannya agar polemik yang pernah terjadi di Desa tersebut dapat berakhir dengan damai. Ia menekankan pentingnya dukungan terhadap kebijakan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, serta komitmen untuk menjaga persatuan, keamanan, dan ketertiban di dalam masyarakat.

Dirinya juga mengapresiasi peran Pemerintah Daerah Boalemo beserta Forkopimda dan aparat keamanan atas usaha bersama yang telah mengembalikan kondisi kondusif di Desa Diloato.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *