Scroll keatas untuk lihat konten
BOLMUTBOLMONG RAYAEKONOMI BISNISHEADLINESSULUT

Atasi Sampah Plastik di Bolmut, DLH: Pendirian Bank Sampah sebagai Solusi Terobosan

2704
×

Atasi Sampah Plastik di Bolmut, DLH: Pendirian Bank Sampah sebagai Solusi Terobosan

Sebarkan artikel ini
Bank sampah
Dr Moh Hidayat Panigoro, M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bolmut (Foto: Istimewah)

Atasi Sampah Plastik di Bolmut, DLH: Pendirian Bank Sampah sebagai Solusi Terobosan

BOLMUT|mediasulutgo.com — Ditengah tantangan mengatasi sampah plastik yang semakin meresahkan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melangkah maju dengan mendirikan Bank Sampah sebagai langkah inovatif dalam manajemen limbah.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala DLH Hidayat Panigoro mengatakan, Langkah ini diharapkan tidak hanya mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan, tetapi juga memberdayakan masyarakat secara ekonomi.

“Kami percaya, dengan mendirikan Bank Sampah, kita dapat melibatkan masyarakat secara aktif dalam memilah dan mendaur ulang sampah plastik, serta menciptakan nilai tambah dari limbah yang sebelumnya dianggap tidak berguna,” ujar Panigoro.

Dengan adanya Bank Sampah, masyarakat diajak untuk menukar sampah plastik yang sudah dipilah dengan nilai ekonomis seperti uang tunai atau barang lain yang dibutuhkan.

“Ini untuk mendorong kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.”jelasnya.

Selain itu, kata Panigoro, pihaknya juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan cara-cara untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Kolaborasi antara pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam implementasi program Bank Sampah ini.”beber pria bergelar Doktor ini.

Dengan langkah ini, Kabupaten Bolmut menunjukkan komitmen nyata dalam mengatasi masalah sampah plastik secara holistik, mulai dari pencegahan, pengurangan, hingga pengelolaan limbah.

“Semoga inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi semua pihak dalam menghadapi tantangan serupa di masa depan.”tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *