Anggrek Kecamatan Ke-6 Sambut Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu Dengan Adat Mopotilolo

oleh -286 Dilihat

GORUT, mediasulutgo.com – Kecamatan Anggrek merupakan kecamatan yang ke 6 telah menerima prosesi adat “Mopotilolo” kepada Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu bersama ketua TP.PKK Maryati Modanggu Mohamad.

Prosesi adat Mopotilolo, turut dihadiri Camat Anggrek, pimpinan OPD, ketua lembaga adat Gorut bersama perangkat adat, unsur pemerintah kecamatan, dan desa unsur TNI-Polri, serta masyarakat, yang digelar di Rumah Jabatan Camat Anggrek, Kamis (07/07/2022).

“Alhamdulillah ini sudah kecamatan yang ke-6 setelah Kecamatan Sumalata. Saya menyampaikan terimakasih banyak kepada semua unsur, lembaga adat, pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat yang sudah antusias pada proses adat mopotilolo ini,” ungkap Bupati Thariq Modanggu.

Bupati Thariq menyampaikan, tradisi adat setelah acara “Moloopu” pada sebelumnya, kini giliran setiap kecamatan untuk menyambut proses adat Mopotilolo dimasing – masing kecamatan.

“Karena prosesi adat itu mengandung makna yang sangat dalam. Terus terang saya merasa terharu dengan penyambutan adat ini. Apalagi yang namanya kegiatan adat itu penuh dengan makna – makna yang sangat dalam disetiap prosesi adat yang dilaksanakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, rangkaian adat ini, merupakan serangkaian adat yang wajib dilaksanakan bagi pemimpin yang akan mengawali tugas di wilayah kecamatan.

“Jadi setiap pelaksanaan adat ini untuk di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Karena ditiap prosesi adat mengandung makna dan pelajaran yang harus diambil untuk diimplementasikan dikehidupan sehari-hari,” tandasnya.(TR-05)