Jacomina Mamuaja Membuka Pelatihan Wasit Taekwondo, Karate dan Pencak Silat di Bolmut

oleh -256 Dilihat

BOLMUT, MEDIASULUTGO.COM – Mewakili  Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Bolmut Jacomina, H.J. Mamuaja, S.Pd membuka kegiatan Pelatihan Wasit Cabang Olahraga Taekwondo, Karate dan Pencak Silat, bertempat di Gedung PPLPD Desa Talaga Tomuagu Kecamatan Bolangitang Barat, Rabu (9/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Jacomina Mamuaja mengatakan bahwa program pengembangan wasit merupakan salah satu program prioritas dalam bidang olahraga dari pemerintah daerah.

Untuk itu, Pemerintah Daerah menekankan kepada seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh, sehingga akan melahirkan wasit-wasit yang berkualitas memiliki lisensi serta meningkatkan mutu kompetensi kejuaraan olahraga beladiri baik di kompetisi profesional maupun di kompetisi amatir daerah.

“Dalam pelatihan wasit ini terdapat 2 hal yang harus di sinkronisasikan yaitu potensi dan kompetensi, potensi sudah ada sejak kita lahir dan berkembang saat remaja hingga dewasa, sedangkan untuk kompetensi memang perlu di asah dalam bentuk pelatihan untuk kursus sepertu saat ini,” katanya.

Dimana, kata Jacomina, sementara pada aspek kompetensi terdapat 3 hal pokok yang harus disentuh yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“Ketiga hal tersebut nantinya wajib dimiliki dan ditanamkan pada seluruh peserta,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai pemimpin dalam suatu pertandingan, wasit harus memiliki sikap tegas, disiplin, bijaksana, teladan, serta berpenampilan yang elegan sehingga keputusan wasit akan dihormati dan dijunjung tinggi oleh semua pihak.

Kemudian, Wasit sebagai teladan dan bersikap bijak dalam situasi apapun, terutama dalam pengambilan keputusan harus cepat dan adil sehingga wasit dituntut mengetahui memahami secara mendalam tentang peraturan dan teknis pertandingan.

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Bolmut Sofianto Ponogoa S.Pd, Ketua Koni Bolmut Moh. Irianto christofel Buhang S.Sos, para Narasumber Wasit Internsonal IPSI Junike Tumengkoli SE, Wasit Internasonal Cabang Olahraga Taekwondo Anita Wongkar, Indri Riskie Kaseger SE, pemerintah Kecamatan Bolangitang Barat, Pemerintah Desa setempat dan peserta. (Dolvin)