Scroll keatas untuk lihat konten
KAB GORONTALOGORONTALOHEADLINES

SIPARDI Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

35
×

SIPARDI Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kominfo Kabgor, Haris Suparto Tome
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome saat ujian PIM II. Foto: Istimewa

LIMBOTO, mediasulutgo.com — Sistem Pasar Rakyat Digital (SIPARDI) merupakan sebuah aplikasi yang dihadirkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo (Kabgro), untuk menjadi solusi pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19 saat ini.

Sistem ini telah dipaparkan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabgor Haris Suparto Tome dalam ujian PIM II. Dalam pemaparannya, ia mengungkapkan bahwa aplikasi ini dibuat untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah. Melalui aplikasi ini juga dapat membantu memulihkan ekonomi masyarakat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Selain untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat, aplikasi SIPARDI juga dapat membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam melakukan promosi serta penjualan produk mereka.

Selain itu kata Haris, aplikasi ini juga dapat mengurangi jumlah kerumunan masyarakat. Biasanya, masyarakat yang membeli kebutuhan sehari-hari di pasar atau supermarket akan memicu kerumunan yang juga secara signifikan dapat meningkatkan penyebaran covid-19.

“Aplikasi ini dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi. Selain itu juga, aplikasi SIPARDI dapat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Kalau masyarakat berbelanja diluar rumah, maka akan mengakibatkan kerumunan orang, maka melalui aplikasi SIPARDI ini, maka dapat mengurangi jumlah kerumunan, karena cara kerjanya hanya menggunkan hanphone atau gatget” ungkap Haris pada ujian PIM II kemarin melalui aplikasi zoom di Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo. Rabu (05/08/2020).

Ia juga mengatakan, aplikasi ini telah menggandeng Perindag dan BRI sebagai partner dalam mengembangkan SIPARDI dalam rangka pemulihan ekonomi di Kabupaten Gorontalo. Tak hanya itu, Haris juga telah menggait para pelaku UMKM untuk membantu mereka dalam melakukan pemulihan ekonomi semasa pandemi covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb, mengaku sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Dinas Kominfo dalam upaya membantu pemulihan ekonomi khususnya di Kabupaten Gorontalo.

Ia meminta agar aplikasi SIPARDI ini dapat terus dikembangkan lagi agar nantinya dapat lebih banyak membantu masyarakat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, khususnya dimasa pandemi saat ini.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja dari Dinas Kominfo, dan saya minta agar aplikasi ini dapat terus dikembangkan agar lebih banyak masyarakat yang terbantu dengan aplikasi SIPARDI ini” ungkap Hadijah.

Hadijah menghimbau agar masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli melalui aplikasi SIPARDI. ini juga agar jumlah kerumunan ditempat umum seperti pasar dapat diminimalisir dan jumlah orang yang berkerumun ditempat tersebut dapat berkurang.

“Mudah-mudahan ini dapat berkembang lebih luas lagi, maka kita tidak perlu kemana-mana lagi untuk membeli bahan pokok sehari-hari, karena saat ini juga kita sedang membantasi segala aktivitas yang berkerumun” pungkasnya. (Iyal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *