Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Atasi Banjir, Bupati Indra Yasin Tinjau 3 Sungai di Tomilito

×

Atasi Banjir, Bupati Indra Yasin Tinjau 3 Sungai di Tomilito

Sebarkan artikel ini

GORUT, mediasulutgo.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin bersama dinas terkait, turun langsung mengecek beberapa sungai yang ada di Kecamatan Tomilito, Senin (15/02/2021).

Dari hasil peninjauannya ia mengatakan, akibat terjadinya banjir di 3 desa di Kecamatan Tomilito itu disebabkan oleh beberapa tanggul yang jebol.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Jadi sebetulnya ketika kita sudah buat tanggul, sebetulnya banjir disini kita boleh tekan. Dan ternyata ditahun ini lagi rupanya banjirnya besar. Kami dapat informasi dari masyarakat, bahwa ternyata sudah ada tanggul yang sudah mulai bocor. Sehingga air boleh masuk,” ungkap Indra Yasin, saat usai menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Kecamatan Tomilito.

Selain itu kata Indra, ada beberapa faktor lainnya, seperti dangkalnya sungai dibagian muara, dan mengakibatkan air tersebut naik kerumah – rumah warga, sehingganya perlu dilakukan rehabilitasi kembali.

“Seperti sungai di Leyao itu sungainya berkelok – kelok dan menyempit. Ada juga sungainya pada bagian muara itu sudah dangkal, sehingga air tidak melaju kebawah. Dan tadi sudah dilihat apakah kita perlebar sungainya, atau kita luruskan, agar supaya airnya mengalir cepat kebawah dan tidak ada hambatan apa – apa,” ujarnya.

Oleh sebab itu sebagai langkah antisipasi dari pemerintah daerah, pihakya meminta kepada dinas terkait, merancang dan mengajukan proposal ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kami akan usulkan kembali ke BNPB untuk normalisasi sungai. mudah – mudahan kita mendapat bantuan lagi. Saya sudah minta kepada BPBD untuk segera menyusun program proposal di 3 lokasi yang ada di Tomilito. Dan tadi juga PU sudah bersama – sama mengecek sungai itu. Insya Allah dengan gambaran kita, kita bisa dapat bantuan lagi,” tandasnya.(Srm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *