Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOBOALEMO

Puskemas Botumoito Terus Beri Perihatian Terhadap Ibu Hamil

×

Puskemas Botumoito Terus Beri Perihatian Terhadap Ibu Hamil

Sebarkan artikel ini

BOALEMO, Mediasulutgo.com — Bidan Desa Puskesmas Botumoito, melakukan kunjungan kepada pasien yang sedang dalam masa nifas dan bayi baru lahir (Neonatus).

Kunjungan nifas merupakan kunjungan yang dilakukan ibu nifas ke tenaga kesehatan atau sebaliknya selama masa nifas yaitu dimulai 6 jam sampai 42 hari pasca bersalin oleh tenaga kesehatan (Depkes RI, 2009).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Botumoito, Israhmawaty Saripi, A.Md,Kes., mengatakan kunjungan nifas ini penting untuk mengetahui kondisi ibu pasca melahirkan.

“Para Bidan Desa Puskesmas Botumoito, melakukan kegiatan Kunjungan Nifas dan Neonatus untuk memastikan kondisi kesehatan Ibu dan bayi pasca melahirkan baik secara klinis maupun psikologis, kunjungan ini dilakukan minimal sebanyak 4x selama masa nifas,”jelasnya.

Tak hanya itu, Ses Isra, sapaan akrabnya membeberkan pihaknya juga melakukan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK).

“Skrining Hipotiroid Kongenital perlu dilakukan karena ini merupakan salah satu penyebab seorang anak mengalami keterbelakangan mental dan bertubuh cebol. Hormon tiroid memiliki peran vital dalam pertumbuhan, metabolisme, dan pengaturan cairan tubuh,”ungkapnya.

Terakhir dirinya mengatakan kunjungan Ibu Nifas guna memberikan penyuluhan akan pentingnya memberikan ASI eksklusif terhadap bayi guna meningkatkan tumbuh kembang bayi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *