Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Indeks Desa Membangun Tolak Ukur Wujudkan Desa Maju dan Mandiri

×

Indeks Desa Membangun Tolak Ukur Wujudkan Desa Maju dan Mandiri

Sebarkan artikel ini

GORUT, mediasulutgo.com – Indeks Desa Membangun (IDM) dijadikan sebagai tolak ukur untuk mewujudkan desa maju dan mandiri. Dimana IDM ini nantinya dapat digunakan untuk menetapkan status kemajuan suatu desa.

“Dan ini salah satu indikator pemtimg untuk mengukur keberbasilan suatu desa dalam melakukan pembangunannya,” ungkap Bupati Thariq, saat membuka kegiatan percepatan pembangunan desa tertinggal, di Kantor PMD, Senin (30/01/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Thariq Modanggu mengatakan, saat ini pemerintah daerah terus menggenjot, serta mengoptimalkan pencapaian terhadap percepatan pembangunan desa tertinggal.

“Saya berharap melalui inovasi – inovasi ini, sehingga semua desa di Gorut itu sudah berstatus desa mandiri. Oleh karena itu, pentingya intervensi kebijakan untuk pembangunan menuju desa maju dan mandiri yang berkelanjutan dan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs),” terangnya.

Lebih jauh, kata orang nomor satu di Gorut itu, untuk menuju Desa maju dan mandiri, perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan. Misalnya dari aspek sosial, ekonomi, menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kemajuan desa.

“Sehingga untuk mewujudkan itu semua, maka setiap pemerintah desa harus melalui yang namanya pemenuhan kebutuhan dasar. Pengembangan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan juga penting,” tandasnya.(MSG-Srm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *