Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOBOALEMO

Gelar ‘Tonggeyamo’ Pemkab Boalemo Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H

×

Gelar ‘Tonggeyamo’ Pemkab Boalemo Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H

Sebarkan artikel ini

BOALEMO, mediasulutgo Pemerintah Kabupaten Boalemo menggelar rapat adat, atau sidang isbat penentuan satu Ramadhan bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati, pada Jum’at (01/04/2022).

Berbeda dengan sidang isbat di Daerah lain, di Provinsi Gorontalo mempunyai Adat tersendiri dalam memutuskan awal Ramadhan yang disebut dengan Tonggeyamo.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Adat Tonggeyamo dihadiri oleh Para Pimpinan Daerah, pemuka Agama, Kepala OPD serta Bate dan para pemangku Adat di Kabupaten Boalemo.

Pada kesempatan itu Bupati Boalemo Anas Jusuf, menyampaikan sesuai dengan penyampaian dari Kementerian Agama yang sudah disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten bahwa penetapan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 3 April atau hari pada hari.

“Bagi warga muslim, termasuk muhamadiyah yang akan melaksanakan puasa pada besok, sesuai keputusan yang telah disampaikan pimpinan Pusat muhamadiyah. Perbedaan yang belum ditetapkan ini, bukan karena perbedaan organisasi, tetapi kriteria muhamdiyah 2 derajat dan Pemerintah 3 derajat, Insya Allah pada pelaksanaan Idul Fitri, kita akan sama-sama ,apalagi sudah diatas 4 derajat, berarti tidak akan ada lagi perbedaan,” Kata Bupati Anas.

Anas Jusuf berharap pelaksanaan puasa nanti, bisa memberikan yang terbaik dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Pelaksanaan adat tanggeyamo dihadiri Ketua DPRD Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, Forkopimda, Sekretaris Daerah Sherman Moridu, Kepala Kementerian Agama Boalemo Sabara Karim Ngou, Ketua Lembaga adat Boalemo Hisyam Tambiyo, Ketua NU Boalemo, para Asisten, Pimpinan OPD serta para Pemangku Adat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *