Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Fory Naway Apresiasi Perbup Pengembangan PAUD-HI di Kabupaten Gorontalo

×

Fory Naway Apresiasi Perbup Pengembangan PAUD-HI di Kabupaten Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Fory Naway

“Fory Naway Apresiasi Perbup Pengembangan PAUD-HI di Kabupaten Gorontalo”

LIMBOTO, mediasulugo.com – Langkah Pemerintah Kabupaten Gorontalo menselaraskan dan mengoptimalkan program Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Intergratif (PAUD-HI) beroleh apresiasi dan dukungan dari Bunda Paud Kabupaten Gorontalo Fory Naway.

Dirinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas support pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo secara intens melaksanakan Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 41 Tahun 2021, tentang Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Intergratif (PAUD-HI) di Kabupaten Gorontalo.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Bicara PAUD HI bukan saja tanggungjawab dikbud tapi disana ada kolaborasi lintas sektor baik itu dinas kesehatan, pemdes, dinas ketahanan pangan dan sebagainya,” Kata Fory Naway saat memberikan materi pada kegiatan itu, selasa (21/12/2021), berlangsung di Aula Ambu BP-PAUD Dikmas Provinsi Gorontalo

Menurut Fory Naway PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan,dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

“Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia,” kata Fory Naway.

Sosialisai ini dalam rangka menyamakan presepsi untuk bagaimana mendidik anak usia dini yang harus diberikan muatan-muatan pengetahuan spritual dan mentalitas.

Ia menjelaskan, arah kebijakan PAUD HI, peningkatan akses, pemerataan, berkesinambungan dan kelengkapan jenis pelayanan, peningkatan koordinasi dan kerjasama lintas sektor, kemitraan antar institusi, lembaga penyelenggara layanan, dan organisasi terkait

“peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan, penguatan kelembagaan, dasar hukum, dan pelibatan masyarakat termasuk dunia usaha serta media massa,” Jelasnya.

Dosen di Universitas Negeri Gorontalo itu menambahkan, Strategi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif antara lain, Penguatan dan penyelarasan landasan hukum, Peningkatan advokasi, komitmen, koordinasi dan kerjasama antar instansi pemerintah, lembaga penyelenggara layanan, dunia usaha, dan organisasi terkait, Peningkatan kapasitas dan kompetensi kader, masyarakat, penyelenggara, dan tenaga pelayanan, Penyediaan pelayanan yang merata, terjangkau, dan berkualitas, Internalisasi nilai-nilai agama dan budaya dan Pemberdayaan masyarakat.

“melalui peningkatan pemahaman dan persiapan pra nikah calon pengantin, orang tua, keluarga, dan pengasuh pengganti dalam melakukan pengasuhan anak secara optimal,” jelas Fory.

Fory Naway juga menjelaskan, bahwa PAUD HI adalah program kemendikbud, sehingga kita yang ada di daerah benar-benar mengimplementasikan dan sosialisasi melalui kegiatan sosialisasi Perbup di daerah masing-masing.

”jadi, holistic Integratif secara menyeluruh terintegrasi dengan beberapa akses. jadi, Akses pelayanan termasuk masalah gizi,kesehatan, pendidikan secara sektor bukan urusan bunda PAUD saja namun secara terpadu lintas sektor,” tutup Fory Naway.

Seperti diketahui,Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 41 Tahun 2021, diikuti bunda Paud Se Kabupaten Gorontalo. (if).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *