Scroll keatas untuk lihat konten
HEADLINESGORONTALOKAB GORONTALO

Sekda Hadijah Hadiri Adat Moloopu Camat Pulubala

×

Sekda Hadijah Hadiri Adat Moloopu Camat Pulubala

Sebarkan artikel ini
Sekda Hadijah Hadiri Adat Moloopu Camat Pulubala

“Sekda Hadijah Hadiri Adat Moloopu Camat Pulubala”

LIMBOTO, mediasulutgo.com – Setelah resmi dilantik oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menjadi Camat Definitif Kecamatan Pulubala, Fitriyati Pakaya hari ini resmi menjalani prosesi Adat Moloopu atau memangku ataupun mendekap yang digelar di Rumah Dinas (Yiladia) Camat Pulubala Kabupaten Gorontalo.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Prosesi adat Moloopu Fitriyati Pakaya sebagai Camat Definitif berlangsung serta kental dengan suasana adat, dihadiri Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb, Jum’at (12/11/2021).

Sekda Hadijah berharap kepada Fitriyati Pakaya untuk dapat menjalankan Pemerintahan kecamatan Pulubala ke arah yang lebih baik,dan bisa mengedepankan solidaritas serta menjaga aspek-aspek sosial kemasyarakatan.

“Rangkul seluruh kalangan tanpa terkecuali, tetap menjadi pemimpin yang rendah hati kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Pulubala,” tutur Hadijah

Tak hanya itu, Hadijah juga meminta dukungan dari semua pihak dalam membantu tugas Camat Pulubala yang baru..

“Saya berharap dukungan dari semua pihak,baik kepala desa, pemangku adat dan TNI-POLRI untuk membantu tugas-tugas Camat Pulubala yang baru,”. Pungkasnya.

Perlu diketahui, Adat Moloopu ialah upacara yang dilakukan ketika seorang Pemimpin Daerah, yang telah dilantik secara kenegaraan, wajib Pemimpin tersebut dilantik secara Adat.

Selain itu, tradisi ini sebagai bentuk penyambutan kepada pejabat baru, biasanya tradisi ini memperlihatkan aksi penjemputan secara adat dari kediaman pribadi menuju rumah dinas jabatan. Itulah mengapa jika prosesi adat ini merupakan sebuah keharusan untuk dilaksanakan di Gorontalo. (r2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *