Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Pemerintah Pusat Kucurkan 1,1 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan Anggrek

×

Pemerintah Pusat Kucurkan 1,1 Triliun Untuk Pengembangan Pelabuhan Anggrek

Sebarkan artikel ini

GORUT, mediasulutgo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Utara) mendukung rencana Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI, untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Anggrek dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Jumat (03/07/2020), Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin, saat melakukan peninjauan pelabuhan tersebut mengatakan, pelabuhan Anggrek memiliki lokasi yang sangat strategis, sehingga masih ada kurang lebih 7 sampai dengan 8 Ha lahan untuk pengembangan pelabuhan itu.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Tentunya kami sangat mendukung pengembangan pelabuhan itu. Jadi pengembangan pelabuhan anggrek ini lewat KPBU sudah ada permohonan tanah dari pelabuhan ini kepada pemerintah Provinsi kurang lebih 7 sampai 8 Ha,” kata Ridwan.

Menurutnya akan ada efek berantai yang terjadi dengan pengembangan Pelabuhan Anggrek, misalnya ekspor akan lebih cepat dalam menunjang lajunya kemajuan suatu Daerah.

“Tentunya pengembangan pembangunan infrastruktur khususnya pelabuhan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, karena menjadi salah satu pemicu pergerakan arus barang dan orang,” ungkap Ridwan.

Ia menambahkan, atas pengembangan pelabuhan anggrek ini, maka Pemda sendiri sudah berupaya, misalnya kesiapan pembebasan lahan, yang saat ini tinggal menunggu perencanaan kebutuhan lahan dari pihak perhubungan.

“Terkait lahan itu pihak Pemda masih melakukan perhitungan kembali apakah yang dibutuhkan sudah demikian,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Ridwan, dengan perkembangan pelabuhan itu disisi lain akan menambah para investor yang masuk ke Daerah ini.

“Pelabuhan anggrek ini adalah pintu masuk. Sehingga setiap perdagangan baik nasional maupun internasional terbuka dengan baik, maka yang pasti kedatangan kapal – kapal asing akan berlabu disini pula,” terangnya.

Ia juga sangat mengharapkan pengusaha yang ada di kabupaten Gorut ini bisa berperan aktif, termasuk dalam pengembangan pelabuhan ini.

“Tentunya dukungan dari semua pihak menjadi salah satu pendorong. Oleh karena itu peran aktif dari para pengusaha pun sangat dibutuhkan,” pungkasnya.(Srm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *