Scroll keatas untuk lihat konten
GORONTALOHEADLINESKAB GORONTALO

Launching HSN 2021 PCNU Kabgor, Hendra: Ini Merupakan Hari Sejarah

×

Launching HSN 2021 PCNU Kabgor, Hendra: Ini Merupakan Hari Sejarah

Sebarkan artikel ini

LIMBOTO, mediasulutgo.com — Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto menghadiri dan memberikan sambutan pada kegiatan Launching Hari Santri Nasional (HSN)Tahun 2021 Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gorontalo yang bertempat di halaman Masjid Agung Limboto, Kabupaten Gorontalo, Jumat (08/10/21).

Dalam sambutanya itu Wabup Hendra menyampaikan kepada para Santri harus bersyukur karena para Santri mempunyai hari yang spesial di bandingkan dengan yang lain.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kita patut bersyukur bahwa kalangan Santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana Tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh presiden joko widodo menjadi Hari Santri melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri,” ucap Wabub Hendra.

Hendra menambahkan hari spesial untuk para Santri ini juga merupakan hari sejarah Resolusi Jihad NU.

“Tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik Tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai hari pahlawan,” tambahnya.

“Pemaknaan ditetapkan Hari Santri Nasional adalah untuk mengingat, menghargai, mengapresiasi peran historis para Santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Pepublik Indonesia ini,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa momentum Hari Santri hari ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham Kebangsaan yang bersintesis dengan Keagamaan.

“Nasionalisme bagian dari iman perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi Fundamentalisme Agama yang mempertentangkan islam dan Nasionalisme” ujarnya.

Terakhir dirinya berharap para Santri dapat membangkitkan semangat jiwa yang jujur, kesederhanaan, untuk masa depan Agama dan Bangsa Indonesia,” tutupnya. (YvG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *