EKONOMI BISNISHEADLINESKAB. GORONTALO

Pemkab Gorontalo Bangun Kemitraan Penggemukan & Pemasaran Ternak Sapi

LIMBOTO, mediasulutgo.com — Dalam membangun daerah kita tidak hanya mengandalkan APBD. Namun harus juga mendorong melalui dana investasi. Sehingga sejak tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus menggenjot  investasi yang setiap tahun mengalami peningkatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri dan memberikan sambutan pada Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Antara Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Melalui Dinas Peternakan dan Keswan dengan PT. Bank SulutGo Manado serta Perwakilan Pedagang Ternak Sapi, tentang Pola Kemitraan Penggemukan dan Pemasaran Ternak Sapi di Kabupaten Gorontalo, Selasa (14/9/21) di Ruang Madani

Bupati dua periode ini juga mengatakan, pihaknya terus mendorong kerjasama dengan pihak perbankan.

“Jadi apa yang dilakukan sebagai bagian yang kami dorong sebagai Pokja pengembangan ekonomi rakyat yang dilakukan dari tingkat Kabupaten  sampai di tingkat kecamatan dan desa.”ungkapnya.

Dibidang peternakan kata Nelson, Kabupaten Gorontalo memilki jumlah ternak sapi terbanyak di Provinsi Gorontalo yakni 115 ternak sapi dengan membentuk ekosistim ternak sapi dari hulu sampai hilir.

“Maka kami di Kabupaten Gorontalo membentuk Dinas Peternakan dan kesehatan hewan secara kelembagaan disiapkan dengan baik bahkan merekrut dokter hewan. Bahkan kita terus mendorong kerjasama Pola kemitraan Penggemukan maupun pemasaran ternak sapi. Dan ini pertama kali di seluruh perbakan di Gorontalo”jelasnya.

Ditingkat desa, pihaknya membangun Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan)  “Kami mendorong RTH yang bagus serta pemasaran sebab kami juga telah bekerjasama dengan pemerintah Provisni DKI Jakarta. Setiap hari itu ada 700 ekor sapi dikirim kami diberi 10 persen dari hasil itu.”bebernya.

Dirinya berharap, melalui kerjasama dengan Bank Sulutogo dengan di dorong oleh OJK tidak sektor peternakan saja namun di sektor industri kita harapkan.(ri2)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button