BOALEMO

Sutriyani Lumula: Boalemo Urutan ke-2 Antusias Lansia Yang Melakukan Vaksinasi

BOALEMO, Mediasulutgo.com Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo menggelar Gebyar Lansia yang dirangkaikan dengan Vaksinasi Covid 19 bertempat di Lapangan Alun-Alun Tilamuta, Selasa (25/05/2021)

Ditengah kegiatan berlangsung, Kepala Dinas Kesehatan, Sutriyani Lumula mengapresiasi seluruh Stake Holder yang turut membantu untuk capaian yang diterima oleh Kabupaten Boalemo dalam mewujudkan antusias lansia untuk melakukan vaksinasi yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah kerja sama yang dilakukan dengan seluruh stake holder membuahkan hasil. Dari 5 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boalemo menempati urutan ke 2 dari segi antusias lansia yang melakukan vaksinasi,” Ujar Sutriyani.

Sutriani juga mengatakan, Boalemo berhasil meraup angka 6,9% dari persentase jumlah masyarakat pada kategori lansia yang telah di vaksin.

“Meskipun angkanya kecil, tapi keringat dan semangat luar biasa untuk bisa mencapai angka yang kurang lebih 6,9% ini patut disyukuri,” Kata Sutriyani.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kadis Sutri tersebut memfasilitasi seluruh lansia yang ada di 12 Desa, Kecamatan Tilamuta dengan Transportasi berupa mobil.

“Alhamdulillah atas kerja sama kita semua, kami mengakomodir dan memfasilitasi seluruh lansia yang ada di Kabupaten Boalemo dengan melakukan antar-jemput menggunakan mobil,” Ungkapnya.

Sutriyanti juga mengaku optimis akan target yang harus diraih dalam vaksinasi masyarakat Kabupaten Boalemo. Meskipun rasio daripada tenaga kesehatan dan masyarakat tidak berjalan seimbang.

“Jumlah penduduk Kabupaten Boalemo ada sekitar 118.000 jiwa yang harus kita vaksin, dan angka ini cukup tinggi dengan keterbatasan tenaga kita dan sumber daya kita, tapi ini tidak menjadi penghalang bagi kita untuk mencapai Hard Immunity,” Ucap Sutri.

“Terbukti dengan antusias kita bersama-sama, seiring waktu tetap akan terlihat seperti apa gambaran pluktuasi kita,” Tambahnya,

Sementara itu, Kadis Sutri menjelaskan, kurangnya jumlah vaksinasi tidak hanya terjadi di Kabupaten Boalemo, tapi juga diseluruh kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo.

Bahkan, pelayanan yang berhasil dicapai oleh Nakes Kabupaten Boalemo mencapai kurang lebih 90%, untuk pelayanan publik hingga 70%, untuk lansia mencapai 6,9%.

“Saya kira Boalemo sudah lebih baik dari Kabupaten lain yang ada di Provinsi Gorontalo,” Bebernya.

“Untuk layanan publik kita hampir mencapai target, karena target yang harus kita capai adalah 75% sampai 80%. Dan yang akan kita hadapi nanti adalah pelayanan masyarakat yang dengan jumlah hampir 100.000 penduduk,” Tambah Sutri.

Sutri juga mengungkapkan, mereka akan terus menggenjot untuk vaksinasi lansia. Pasalnya, dari 10.000 jumlah lansia, yang terakomodir baru berjumlah 640 jiwa.

Terakhir, Sutri menegaskan, angka kematian yang berasal dari vaksin adalah 0% Di Provinsi Gorontalo, Khususnya yang ada di Kabupaten Boalemo.

“Saya berharap, untuk seluruh masyarakat Kabupaten Boalemo agar memberikan edukasi yang baik dan tepat, agar seluruh masyarakat Kabupaten Boalemo bisa datang melakukan vaksinasi,” Pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button