BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL BUDAYASULUT

Pemerintah Kecamatan Kaidipang Gelar Sosialisasi Penyusunan Profil Desa

MEDIASULUTGO.COM, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Pemerintah Kecamatan Kaidipang telah melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Profil Desa (Prodes) yang Berbasis Desa Digital Tahun 2021 bagi Desa se Kecamatan Kaidipang, bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Kaidipang, Selasa (6/4/2021).

Camat Kaidipang Moh Misaala, S.Pd, M.Si melalui Kasi Pemerintahan Sudurin Sehe, S.Pd.I menyampaikan bahwa Profil Desa berbasis desa digital ini diperlukan sebagai salah satu dasar untuk melaksanakan pembangunan yang ada didesa, dan juga hasil pendataan ini, menjadi data profil yang valid dan up to date.

“Penyusunan Profil Desa yang berbasis desa digital ini wajib dilakukan desa karena sangat berguna untuk menunjukkan tingkat pembangunan desa secara berjenjang akan dapat menggambarkan perkembangan daerah dan nasional,” kata Sudurin saat dikonfirmasi mediasulutgo.com.

Lanjut Sehe, di era perkembangan teknologi informasi (TI) memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

“Pengembangan desa digital ini dapat mendorong kemajuan semua bidang di desa seperti pendidikan, perekonomian, wisata serta pelayanan terhadap masyarakat,” tuturnya.

Dengan desa digital ini diharapkan semua pelayanan informasi dan kependudukan akan dapat dilayani dengan mudah.

“Untuk mendukung Desa digital ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, seperti jaringan internet di desa, SDM Pengelola desa digital, serta dukungan aktif dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Kabupaten,” imbuhnya.

Sehe melanjutkan, Pemerintah Kecamatan Kaidipang menargetkan tahun ini akan membuat bank data.

“Target Tahun 2022 Kecamatan Kaidipang akan membuat website dan aplikasi yang pelayanannya terintegrasi lansung ke desa dan menargetkan akan menjadikan salah satu desa di Kaidipang sebagai pilot projetc desa digital,” pungkasnya.

Selain itu tambah Sehe, pada kesempatan itu juga perangkat Desa se Kecamatan Kaidipang uang hadir sepakat membentuk Forum Perangkat Desa yang bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan memperlancar komunikasi khusus dalam tugas dan fungsi selaku perangkat desa.

“Para perangkat desa bersepakat untuk membentuk wadah guna memudahkan koordinasi, pelayanan dan Kerjasama antar perangkat desa yang langsung dibentuk KSB nya. Alpian Patilima Sekdes Inomunga sebagai Ketua, Sekdes Gihang Anita Tombokan sebagai Sekretaris dan Sekdes Boroko Utara Nur Syafitri Pontoh sebagai Bendahara,” Tuturnya.

Ia juga menambahkan, Camat Kaidipang sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan tersebut. (Dolvin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button