GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gorut Mulai Digelar

GORUT, mediasulutgo.com – Setelah melewati fase penilaian lomba desa ditingkat kecamatan, saat ini penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mulai digelar.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Gorut, Thamrin Yusuf, didampingi Kaban Pemdes Abdul Wahab Paudi, dan Camat, serta Kepala Desa, turun langsung bersama tim penilai lomba melakukan penilaian didua desa, yakni Desa Mebongo, Kecamatan Sumalata, dan Desa Buluwatu, Kecamatan Sumalata Timur, Sealsa (30/03/2021).

“Sebelumnya lomba desa tingkat kecamatan sudah dilaksanakan, dan ini telah menghasilkan beberapa desa yang menjadi juara dan mewakili ditingkat kabupaten, yang mulai dilaksanakan pada hari ini,” ungkap Thamrin.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan lomba desa ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai keberhasilan perkembangan dari masing – masing desa lewat beberapa indikator penilaian yang diterapkan.

“Indikator penilaiannya sendiri terdiri dari beberapa variabel utama, diantaranya
aspek bidang pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi pemerintah desa, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya, apalagi terkait kinerja, kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, desa berbasis teknologi informasi,” jelasnya.

Apalagi kata Thamrin, bahwa pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam pembangunan yang ada di desa. Sehingga diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat dalam mendukung program pemerintah daerah.

“Tentu peran serta masyarakat, BPD, LPM dalam pembangunan desa juga sangat penting, dalam rangka mendorong percepatan lajunya pembangunan desa itu sendiri atas kemajuan daerah,” ujarnya.

Iapun berharap dari hasil penilaian ini, menuai harapan besar ditingkat kabupaten, sehingga bisa membawa nama baik daerah pada lomba desa tingkat Provinsi, hingga tingkat Nasional.

“Dari semua desa paling tidak ada 1 desa yang nantinya akan mengikuti lomba nanti ditingkat Provinsi. Tidak saja pada level Provinsi, tetapi skala nasional bahkan internasional,” harapnya.(SMS)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button