GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Via Zoom Meeting, Sekda Gorut Ikuti Workshop Bersama NSLIC Jakarta

GORUT, mediasulutgo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin, mengikuti Workshop pemetaan kebutuhan untuk mendukung kerjasama daerah antara Kabupaten Pohuwato dan Gorut melalui zoom meeting, dengan NSLIC Jakarta, Kamis (25/02/2021).

Dalam sambutannya Sekda Ridwan Yasin mengatakan, proyek NSLIC/NSELRED disisi lain mendukung dan memfasilitasi kerja sama antara pemerintah daerah dengan pihak – pihak dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Daerah (PELD).

“Nah, sehingga kerja sama ini dapat memberikan kontribusi pada rencana aksi pengembangan ekonomi. Jadi NSLIC/Nasional Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED), adalah program kerjasama antara pemerintah Indonesia melalui BAPPENAS dengan pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC),” ungkapnya.

Ia mengatakan, bahwa NSLIC/NSELRED mempunyai empat tujuan utama, diantaranya adalah mendukung berbagai upaya dalam mengatasi tantangan terkait regulasi dan perijinan yang menghambat usaha bisnis ditingkat nasional dan daerah.

“Termasuk mempromosikan kerjasama ekonomi ditingkat nasional dan regional, dan mendukung peran koordinasi nasional dalam mendukung pengembangan ekonomi ditingkat lokal dan regional, serta meningkatkan akses pelayanan pengembangan usaha bisnis,” jelasnya.

Ia menjelaskan, upaya ini untuk mendukung RPJMN 2020 – 2024 yang merupakan penjabaran visi Presiden RI, Joko Widodo, yang telah menetapkan 7 agenda pembangunan. Diantaranya “mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan”.

“Dari indikator pembangunan ini tampak bahwa pemerintah pusat berusaha mendorong agar pemerintah daerah, terutama Kabupaten/kota dapat melaksanakan kerja sama antar daerah, dalam hal pemasaran sapi,” terangnya.

Dengan harapan bahwa kerja sama daerah ini, dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal secara sinergis, dan meningkatkan kerja sama antar pelaku dalam pengelolaan sumber daya ekonomi daerah.

“Maka dari itu pemda Gorut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan NSLIC/NSELRED. Sebelumnya dalam rangka mengidentifikasi potensi kerjasama daerah (KSDD) dikedua kabupaten. Maka diharapakan pada tahap selanjutnya perlu melakukan proses pemetaan di tingkat perangkat daerah melalui kegiatan pengumpulan dan analisa data,” tandasnya.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button