BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESSOSIAL BUDAYASULUT

Wabup Bolmut Buka Pelatihan PPRG Bagi Perangkat Daerah

MEDIASULUTGO.COM, BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena M.AP membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Perangkat Daerah di Kabupaten Bolmut, bertempat di Gedung Boroko Convention Center, Rabu (24/2/2021).

Dalam sambutannya, Wabup Amin menyampaikan bahwa Pemerintah daerah menyambut baik atas terlaksananya pelatihan ini, dengan harapan selama kegiatan ini berlangsung dapat memberikan masukan serta kontribusi yang positif untuk meningkatkan koordinasi dan perencanaan penganggaran yang lebih refonsif gender di kabupaten bolmut.

“Pemerintah daerah mengeluarakan peraturan bersama mengenai strategi nasional percepatan pengarusutamaan gender (PUG) melalui perencanaan dan pengaggaran yang responsif gender (PPRG). Strategis nasional ini ditindaklanjuti dengan peraturan bersama BAPPENAS, kemendagri, kemenkeu dan kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tentang petunjuk pelaksanaan PUG melalui PPRG di daerah,” ungkapnya.

Dikatakan Wabup Bolmut, Gender pengintegrasian bertujuan dalam program pembangunan antara lain, untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagi bidang pembangunan daerah.

“Kegiatan awal ini merupakan yang selanjutnya diharapkan akan dapat menyusun dokumen perncanaan penganggaran yang responsif gender, sehingga dapat menghasilkan dokumen pendukung perncanaan penggaraan yang responsif gender,” jelasnya.

Amin Lasena berharap melalui forum ini agar keseriusan dari seluruh peserta agar berperan aktif, terutama pada upaya pencapaian keberhasilan dalam percapatan pengarusutamaan gender melalui perencanaan pengaggaraan yang responsif gender di daerah sehingga nantinya akan bermuara pada kepentingan kesejahtaraan masyarakat di kabupaten Bolmut.

“Dalam rangka memantapkan eksistensi pemberdayaan perempuan, kegiatan ini diharapkan juga dapat membahas hal hal teknis mensolusikan permasalahan permasalahan yang ada dan yang terpenting dalam rangka semakin memicu dan memacu bergeraknya berbagai pilar strategis daerah, guna mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera,” harapnya.

Diketahui, satu dari 17 (tujuh belas) tujuan sustainable development goal’s (SDG’S) yang ditetapkan oleh perserikatan bangsa bangsa (PBB), menetapkan perempuan sebagai subjek sekaligus objek pembangunan, yaitu melalui kesetaraan gender.

Turut Hadir, perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulut, Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut, para Pimpinan SKPD terkait, Serta Para Peserta Pelatihan. (Dolvin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button