GORONTALOGORONTALO UTARAHEADLINES

Pembuangan Sampah di TPA, Thariq: Sudah Mestinya Kita Pakai Sistem Sanitary Landfill

GORUT, mediasulutgo.com – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengatakan, pembuangan sampah pada Tempat Pengelolaan Ahir (TPA) sudah semestinya mengunakan dengan metode sistem sanitary landfill

Metode sanitary landfill ini kata Orang nomor dua di Gorut, merupakan metode paling umum yang digunakan, sehingga perlu diterapkan di Kabupaten Gorut.

“Jadi sanitary landfill adalah sistem pengelolaan sampah yang sudah semestinya kita terapkan di Gorut. Sehingga sampah yang dibuang dan ditumpuk kemudian dipadatkan dan ditimbun dengan tanah,” ungkap Thariq usai meninjau lokasi pengelolaan sampah, di Kecamatan Tomilito, Selasa (23/02/2021).

Dari peninjauan di TPA, menurut Wabup Thariq ternyata belum menerapkan sistem sanitary landfill, sehingga ini berdampak luas bagi masyarakat.

“Oleh karena itu dalam menerapkan metode sanitary landfill guna mencegah hasil limbah sampah mencemari tanah dan air tanah disekitar TPA yang akan berbahaya tak hanya bagi lingkungan, namun juga bagi manusia,” ujarnya.

Dirinya meminta kepada DLH untuk menerapkan sistem sanitary landfill yang ada di lokasi TPA. Sehingga kata Thariq dengan cara seperti itu akan mengurangi bau kotoran yang dapat mengganggu lingkungan dan masyarakat.

“Tentu dengan metode ini lebih efisien dan ramah lingkungan. Dan ini kita akan usulkan kepada Bupati untuk membuat kebijakan pengelolaan sampah dengan konsep “dari rumah/kantor menuju TPA”. sehingga dengan kebijakan ini produksi sampah akan ditekan, dipilah dan lebih ramah lingkungan,” tutup Thariq.(Srm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button