BOLMONG RAYABOLMUTHEADLINESKESEHATANLEGISLATORSULUT

Tinjau PKM Biontong, Komisi 1 DPRD Bolmut Temukan Ini

MEDIASULUTGO.COM, BOLMUT – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dipipmpin langsung Ketua Komisi 1 Reksosiswoyo Binolombangan bersama anggotanya meninjau Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Biontong di Kecamatan Bolangitang Timur, pada Kamis, (14/1/2021). Menemukan sejumlah kerusakan di beberapa ruangan pada PKM tersebut.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Bolmut, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut  khususnya Dinas Teknis.

“Terkait kerusakan ini, Komisi I akan berkoordinasi dengan pihak  Dinkes Bolmut untuk mencari solusi,” kata Rekso disela-sela kunjungan.

Kondisi Plafon PKM Biontong

Senada, diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Bolmut Budi Setiawan Kohongia, kerusakan ruangan pada Bangunan PKM Biontong menjadi catatan penting untuk ditindaklanjuti bersama Mitra Kerjanya.

“Sebab Puskesmas merupakan garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kalau begini modelnya, kasihan juga masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas Biontong,” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam diskusi Kepala Puskesmas Biontong Hermanto Pontoh mengungkapkan kondisi dan kegiatan PKM Biontong pada anggota DPRD Bolmut. Diantaranya menyangkut pelayanan kesehatan pada masyarakat dan alat-alat kesehatan serta kurangnya tenaga kesehatan (Nakes).

“Masalah pelayanan, kami memang keterbatasan sarana prasarana yang masih kurang dan SDMnya,” ungkapnya.

Dan saat ini kata Hermanto, pihaknya menjemput bola alis melakukan pelayanan langsung ke rumah-rumah pasien tanpa menunggu mereka datang ke Puskesmas.

“Dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kami datang langsung di rumah pasien tidak hanya menunggu di Puskesmas,” tuturnya.

Suasana Kunjungan

Selain itu lanjut dia, “Kami juga terlibat langsung pada Musrenbang Desa, karena ada program kesehatan yang didanai oleh dana desa, seperti pemeliharaan pustu dan poskesdes, penunjang pencegahan stunting ada pembangunan jamban, makanan tambahan untuk bayi dan balita,” bebernya.

Hermanto juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Bolmut atas kunjungannya di PKM Biontong dan semua harapannya dapat terwujud demi terpenuhinya pelayan kesehatan masyarakat.

Diketahui, usai melakukan Kunjungan di PKM Biontong, tim Komisi 1 melanjutkan kunjungan ke Pustu Desa Huntuk Kecamatan Bintauna.

Turut hadir, Wakil Ketua Komisi 1 Juldin Bolota, Anggota Suit Pontoh serta para Staf Komisi I DPRD Bolmut, serta jajaran PKM Biontong. (Dolvin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button