GORONTALOHEADLINESLEGISLATORPOLITIK

Cegah Korupsi di Pemerintahan, Fadel Muhamad Anjurkan Tiga Hal

GORONTALO, mediasulutgo.com — Wakil Ketua MPR-RI Fadel Muhammad mengungkapkan 392 kasus korupsi di Indonesia melibatkan Kepala Daerah.

“Ini sesuai dengan data yang masuk di MPR RI,” tutur Fadel.

Dia mengemukakan 70 persen pelaku korupsi mengambil uang dengan sadar. Entah itu menguntungkan diri sendiri maupun orang lain. “Dan sisanya 30 persen adalah kesalahan administrasi,” ujarnya.

Ia menyatakan tiga hal yang mesti dilakukan dalam menciptakan pemerintahan yang bebas korupsi, baik di Kementerian maupun di Pemerintahan Daerah, yaitu transparan, profesional dan bersih.

Dia menjelaskan bersih artinya tidak korupsi. Untuk menghindari perbuatan korupsi, menurutnya harus dimulai dari diri sendiri dan sebagai contoh bagi orang banyak.

Transparan berarti senantiasa terbuka kepada masyarakat atas semua kebijakan yang akan dikeluarkan khususnya persoalan anggaran.

Profesional, menurutnya tidak melakukan nepotisme. Kepala Daerah dalam melakukan rekrutmen harus berbasis pada kemampuan.

“Insya’ Allah dengan tiga hal itu, segala yang akan dilaksanakan dalam pemerintahan terhindar dari korupsi,” ucapnya.

Fadel Muhamad mengungkapkan ini pada Forum Group Discusion Kebangsaan bertajuk ‘Peran Generasi Muda Memberantas Korupsi’ kerja sama MPR-RI dengan DPC Gerakan Pemuda Marhaenis, di Ball Room Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (11/12).(Yus)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button